Studi literatur: Model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis
Abstract
There have been many primary studies on the application of the Problem Based Learning model to improve students' mathematical critical thinking skills. All of these studies need to be identified, analyzed and concluded to produce suggestions for researchers and practitioners of mathematics education. This study aims to observe research trends by identifying and classifying studies related to the application of the Problem based learning model to improve the students' mathematical critical thinking skills in Indonesia from 2016 to 2023. This study uses the Systematic Literature Review (SLR) method. There are 25 related articles analyzed in this study. The results of this SLR show that most on this topic were carried out in 2021 as well the research subjects were Junior High School students, dominated by build a flat side room material. The most widely used research method is the quantitative method. Based on the analysis of the research results of each article, it shows that the Problem based learning model can have a positive impact or improve students' mathematical critical thinking skills better than other learning models. The results of this study can be considered for researchers in conducting further research and for teachers in carrying out classroom learning.
Abstrak
Penelitian primer terkait implementasi model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa telah banyak dilakukan. Penelitian-penelitian tersebut perlu diidentifikasi, dianalisis perkembangannya, dan ditarik kesimpulan secara umum sehingga dapat dimanfaatkan sebagai saran bagi kemajuan peneliti dan praktisi di bidang pendidikan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tren penelitian dengan mengidentifikasi dan mengklasifikasikan seluruh hasil penelitian yang berkaitan dengan penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa di Indonesia pada tahun 2016-2023. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Terdapat 25 artikel terkait yang dianalisis dalam penelitian ini. Hasil SLR ini menunjukkan penelitian implementasi model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa paling banyak dilakukan pada tahun 2021 serta subjek penelitian terbanyak pada siswa SMP/MTs dengan didominasi oleh materi bangun ruang sisi datar. Metode penelitian yang paling banyak dilakukan adalah metode kuantitatif dan secara umum hasilnya menunjukkan model Problem Based Learning mampu memberikan dampak positif atau meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa lebih baik dibandingkan model pembelajaran lainnya. Hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi para peneliti dalam melakukan penelitian dan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.
References
Agustina, M. D., Putri, A. D., & Gustiningsi, T. (2017). Model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IX. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA.
Alvira, L. D., Ahyaningsih, F., & Minarni, A. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendektan CTL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan resiliensi matematis siswa SMP Gajah Mada Medan. Jurnal Cendekia:Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2253-2269.
Anggiana, A. D., Kandaga, T., & Hermawan, V. (2021). Analysis of mathematical literacy increase and learning independence through problem-based learning. International Conference on Health Science, Green Economics, Educational Review and Technology, 4, 159-166. https://doi.org/10.54443/ihert.v4i.157
Arnidha, Y., Noerhasmalina, & Rekawati, D. (2018). Model problem based learning (PBL) pada pembelajaran matematika. Joural Edumath, 4(2), 46-51. https://doi.org/10.26638/je.755.2064
Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23-32.
Calderón, A., & Ruiz, M. (2015). Asystematic literature review on serious games evaluation: An application to software project management. Computers and Education, 87, 396–422. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.07.011
Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 5(2), 920-929.
Facione, P. A. (2020). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Measured Reasons LLC
Faudziah, W. S., & Budiman, I. A. (2023). Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SD. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 2(1), 22-29.
Hadi, F. R. (2021). Efektifitas Model PBL Terintegrasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6644-6649.
Haerani, I., Winarti, W., & Muftianti, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Kelas IV Dalam Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Problem Based Learning. Journal of Elementary Education, 2(1), 26-32.
Idris, A., Suratno, J., & Jalal, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Operasi Himpunan. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 3(1), 52-56.
Kania, N., Santoso, E., & Nurbelayanti. (2022). Bagaimana Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Aktivitas Siswanya Pada Model Pembelajran Berbasis Masalah?. Journal on Mathematics Education Research, 3(2), 57-64.
Kemdikbud RI. (2013). Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
Khishaaluhussaniyyati, M., Faiziyah, N., & Sari, C. K. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 10 SMK dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Barisan dan Deret Aritmetika Ditinjau dari Self Regulated Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 905–923. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2170
Kusumawardani, N. N., Rusijono, & Dewi, U. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(2), 1416-1427.
Maulidiyyah, D., Laily, F. I., & Andini, W. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V MIN 9 Cirebon. Indonesian Journal Of Elementary Education, 1(1).
Marwan, M., Ikhsan, M., & Marwan, M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Didaktik Matematika, 3(2), 9-18.
Newman, M., & Gough, D. (2020). Systematic Reviews in Educational Research: Methodology, Perspectives and Application. In: Zawacki-Richter, O., Kerres, M., Bedenlier, S., Bond, M., Buntins, K. (eds) Systematic Reviews in Educational Research. Springer VS, Wiesbaden. https://doi.org/10.1007/978-3-658-27602-7_1
Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas Problem Based Learning Ditinjau Dari kemampuan Berpikir Kritis Dan Representasi Matematis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(2), 17-32. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3751
Novianti, R. E., Andari, T., & Susanti, V. D. (2020). Efektivitas model pbl berbasis stem terhadap prestasi belajar ditinjau dari berpikir kritis matematis pada peserta didik kelas XI SMA. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1, 130-135.
Nufus, H., Herizal., Sahputri, L.D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 6(2), 12-19. https://doi.org/10.36987/jpms.v7i1.1943
Nuhaa, M. F., Winarti, Retno, E., & Mastur. (2022). Pembelajaran Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5(2022), 461-466.
Nurlaeli., Noornia, A., & Wiraningsih, E. D. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari adversity quotient. FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematik, 4(2), 145-153.
Pardi, M. H. H., & Kahafifaturrahmi, K. (2021). Kemampuan berpikir kritis siswa madrasah dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Lembaga Pendidikan Islam. Journal of Math Tadris, 1(2), 88-100.
Pertiwi, L. T. (2017). Penerapan Metode Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Motivasi Belajar Siswa di SMP. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Pasundan.
Prihono, E. W., & Kahasanah, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 74-87. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7078
Putri, S. A., & Fauzan, A. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 8(2), 90-96. http://dx.doi.org/10.24036/pmat.v8i2.6230
Rahayu, E., & Hartono, H. (2016). Keefektifan Model PBL dan PjBL Ditinjau dari Prestasi, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1-10. https://doi.org/10.21831/pg.v11i1.9629
Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantu Question Card terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 44-51.
Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning(PBL)TerhadapKemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 29-42. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2082
Sitompul, N. N. S. (2021). Pengaruh model pembelajaran based learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis kemampuan matematis siswa SMP kelas IX. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 45-54. http://dx.doi.org/10.30656/gauss.v4i1.3129
Syafitri, V., Astuti, R., & Firdaus, M. (2022). Penerapan model pembelajaran problem basesd learning dengan pendekatan open ended terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas IX SMP . Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(8), 683-688.
Yanti, O. F., & Prahmana, R. C. I. (2017). Model Problem Based Learning, Guided Inquiry, dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(2), 120-130. https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.2.120-130