Systematic Literature Review: Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Abstract
Kemajuan teknologi memudahkan bidang pendidikan terutama pada proses pembelajaran. Keefektifan pembelajaran dapat tercapai melalui inovasi dalam pembelajaran, salah satunya adalah memanfaatkan media pembelajaran digital. Aplikasi Android menjadi alternatif media untuk membangkitkan motivasi dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur artikel terdahulu tentang penggunaan media pembelajaran berbasis Android untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review. Pengumpulan data dilakukan dengan menelaah dan mereviw artikel-artikel terkait media pembelajaran berbasis Android dalam memfasilitasi pemahaman konsep yang dipublikasikan dalam rentang waktu 2019-2024. Terdapat 15 artikel jurnal nasional dan prosiding seminar yang digunakan dalam penelitian ini, yang diperoleh melalui Google Scholar. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Android dapat memfasilitasi pemahaman konsep matematika dan memberikan dampak positif pada pembelajaran matematika.
References
Ariansyah, F., Septiati, E., & Octaria, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Materi Peluang untuk Siswa SMA. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 49. https://doi.org/10.26858/cer.v2i2.8754
Ariyanto, L., P, D. A., & Dwijayanti, I. (2019). Pengembangan Android Apps Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2, 40–51.
Ariyanto, L., Rahmawati, N. D., & Haris, A. (2020). Pengembangan Mobile Learning Game Berbasis Pendekatan Kontekstual Terhadap Pemehaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 36–48.
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033
Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487
Enjelita, Oktaviana, D., & Ardiawan, Y. (2023). Pengembangan Game edukasi Matematika Berbasis Android Menggunakan Software Construct 2 terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v3i1.257
Fajarwati, A. A., Nugraheni, P., & Purwaningsih, W. I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Materi Pola Bilangan Untuk Membantu Pemahaman Konsep. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 254–266. https://doi.org/10.32938/jpm.v4i2.3653
Fatimah, H., & Bramastia, B. (2021). Literatur Review Pengembangan Media Pembelajaran Sains. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 125. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57255
Fernanda, D., & Rahayuningsih, S. (2023, August). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Berbantuan Macromedia Flash Professional 8 Untuk Mendukung Pemahaman Konsep Trigonometri. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 500-511)..
Firdausi, I., & Suparni, S. (2022). Game Edukasi Android Deck Card untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Siswa Materi Pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.1464
Ginting, I. R. F., & Sutirna. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Maju, 8(1), 34. https://doi.org/10.54314/jmn.v5i1.198
Hamdani, M. F., Priatna, N., Studi, P., Matematika, P., & Indonesia, U. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Android untuk Siswa SMP / MTs dan SMA / MA Berbasis. 4(4), 163–170.
Jabali, S. G., Supriyono, & Nugraheni, P. (2020). Pengembangan Media Game Visual Novel Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Aljabar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 185–198. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i2.185-198
Jazuli, L. O. A., Arvyaty, Hasnawaty, & Ibrahim, M. F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline untuk Pemahaman Konsep Materi Turunan Siswa di SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 10(2).
Kania, N., & Arifin, Z. (2020). Aplikasi Macromedia flash untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. JNPM : Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 4(1), 96–109.
Kilpatrick. (2002). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. (34th ed.). D C Press Academy.
Kurniawan, B., & Hidayah, D. R. (2021). Efektivitas Permainan Zuper Abase Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Asam Basa. JPPMS (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains), 5(2), 92-97. http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppms/
Laswadi. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Aplikasi Mobile Learning untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Journal on Education, 04(04), 1979–1988.
Musyafak, Kusmaryono, I., & Basir, M. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Matematika Untuk Meningkatkan Pemahamamn Konsep Matematis Siswa Pada Materi Perbandingan. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 4(1), 1–11.
Nursy, A., Wintarti, A., & Prihartiwi, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Visual Novel “Plus and Minus” Berbasis Smartphone untuk Materi Bilangan Bulat SMP. MATHEdunesa, 12(3), 715. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v12n3.p698-719
Rizki, M., Wijayanti, R., & Faulina, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Menggunakan Articulate Storyline 3 pada Materi Trigonometri di SMKN 3 Bangkalan. Konstruktivisme, 15(2), 278–288. https://doi.org/10.35457/konstruk.v15i2.2940
Rosa Yuliana, Muhamad Firdaus, & Dwi Oktaviana. (2022). Pengembangan Game Edukasi Matematika Berbasis Android Menggunakan Sofware Construct 2 Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 82–90. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i1.281
Safitri, O. S., & Hayuhantika, D. (2023). Pengembangan Media Mobile Learning Menggunakan Kodular Untuk Menumbuhkan Pemahaman Konsep Siswa Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Perbandingan. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(10), 1253–1262.
Satyaputra, A., & Aritonang, M. E. (2016). Let’s Build Your Android Apps With Android Studio. PT Elex Media Komputindo.
Sengkey, D. J., Sampoerno, P. D., & Aziz, A. (2023). Kemampuan pemahaman konsep matematis : sebuah kajian literatur. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3, 67–74.
Septia, Y. L., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2022). Pengembangan Media Baret Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 35–47.
Setiadi, T., & Effendi, K. N. S. (2022). Analisis Kebutuhan Peserta Didik Terhadap Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Aritmatika Sosial SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(1), 10. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.833-842
Shahnaz, Y. E., & Tresnani, N. (2021). Pengembangan Game Edukasi Matematika untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Jaring-jaring Kubus. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2721), 1–9. https://doi.org/10.21831/pspmm.v3i0.126
Suarmika, P. E., Hidayat, N., & Safitri. (2023). Systematic Literature Review: Pemanfaatan Media Aplikasi Android Sebagai Bahan Ajar Interaktif. JURNAL IKA: IKATAN ALUMNI PGSD UNARS, 13(1), 59–74.
Teikuar, Y. J., Nenohai, J. M. H., & Samo, D. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Untuk Siswa Kelas VIII SPMN 2 Kupang. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 25–38. https://doi.org/10.35508/fractal.v3i1.5629
Thovawira, F. A., Safitri, I., Supartik, S., Sitompul, N. N. S., & Anggriyani, I. (2021). Systematic Literature Review: Implementasi Pendekatan Stem (Manfaat Dan Tantangan) Di Indonesia. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 355–371. https://doi.org/10.31100/histogram.v4i2.682
Ummah, S. . (2021). Media Pembelajaran Matematika (I).
Wulan, E. R., Rofiqoh, I., Saidah, Z. N., & Puspitasari, D. (2021). Fun with SPLDV : Multimedia Lectora Inspire Menguatkan. JRPM : Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 6(2), 83–98.