Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 2 Mataram Tahun Ajaran 2024/2025

  • Dwi Rizki Muharani Universitas Mataram
  • Amrullah Universitas Mataram
  • Ketut Wartana SMA Negeri 2 Mataram
  • Ilhami Sukmaningsih SMA Negeri 2 Mataram
Keywords: Problem Based Learning, Culturally Responsive Teaching, Hasil Belajar, Matematika, Peluang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada materi peluang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pada peserta didik kelas X.2 SMAN 2 Mataram. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Budaya lokal Lombok dijadikan sebagai konteks pembelajaran, antara lain kuliner tradisional dan permainan rakyat. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan klasikal peserta didik dari 32,5% pada pra-siklus menjadi 45% pada siklus I, dan mencapai 80% pada siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran yang responsif terhadap budaya mendorong keterlibatan aktif peserta didik dan mempermudah pemahaman konsep matematika. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan PBL dengan pendekatan CRT efektif dalam meningkatkan hasil belajar serta membangun pembelajaran yang kontekstual, bermakna, dan inklusif.

References

Jamin, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1). https://doi.org/10.24269/ed.v6i2.1489

Jayadi, A., Winarno, N., & Kurniasih, E. (2025). IMPLEMENTASI PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA. 2(1), 92–102.

Kenneth Tobin, M. Khozim, D. S. W. (2021). Pedagogi Bertaut Budaya dan Vinyet Sejarah Interaktif: Handbook Pengajaran dan Pembelajaran Sains. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=urJsEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Ladson-Billings+(1995),+yang+menyatakan+bahwa+CRT+berfungsi+tidak+hanya+untuk+meningkatkan+capaian+akadem&ots=kp6M_rm4On&sig=JbCD3IONHSmpey9V42P9Tf02CiQfalse

Maulida, I., Lestari, E. A., & Sari, C. K. (2024). Pemahaman teori pendidikan dalam konteks pendidikan kontemporer: Sebuah kajian literatur. Kajian Pendidikan, Seni, Budaya, Sosial dan Lingkungan, 1(2), 146-156.

Mutiaratri, R. L., Wijayanti, T. S., & Merta, I. W. (2024). Peningkatan Kemampuan Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) di Kelas X-B SMA 1 Labuapi Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 199–204. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1821

Nurhayati, & Asmawati. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model pembelajaran Children Learning In science ( CLIS ) pada Siswa SDN 14 Tangkalasi. Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu: PELITA, 4(1), 135–146.

Panjaitan, W. A., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6). https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Wardani, D. A. W. (2023). Problem based learning: membuka peluang kolaborasi dan pengembangan skill siswa. Jurnal Penelitian Dan Penjaminan Mutu, 4(1), 104–116.

Wulansari, I., Maharani, S., Laila, D. J., Madiun, U. P., Negeri, S. M. P., & Madiun, K. (2024). Penerapan Model Problem-Based Learning (PBL) Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Integrasi Budaya Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar. 4, 7752–7762.

Yusutria. (2017). Profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Jurnal Curricula, 2(1). https://doi.org/10.34005/tahdzib.v4i2.1569

Published
2025-06-05
Section
Articles