Ular Tangga Cerdas : Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Matematika Untuk Siswa Kelas III dan IV Sekolah Dasar Negeri 38 Ampenan
Abstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan mengimplementasikan media pembelajaran Ular Tangga Cerdas dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan motivasi, partisipasi, dan kepuasan belajar siswa kelas III dan IV SDN 38 Ampenan. Metode yang digunakan meliputi identifikasi masalah melalui observasi awal, perencanaan, pembuatan media, dan pelaksanaan pembelajaran berbasis permainan. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan dokumentasi selama proses pembelajaran, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan media ini berhasil menarik minat siswa, meningkatkan keterlibatan aktif mereka, dan menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan. Ular Tangga Cerdas terbukti efektif dalam mendukung pembelajaran matematika, yang sering dianggap sulit oleh siswa. Media ini direkomendasikan sebagai inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat sekolah dasar, khususnya pada mata pelajaran yang membutuhkan pendekatan kreatif.
References
Anggraini, P. D., & Pramudita, D. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Belajar Matematika melalui Penerapan Pendekatan Problem Solving. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19386
Azizah Siti Lathifah, Khoirunisa Hardaningtyas, Pratama, Z. A., & Moewardi, I. (2024). Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 36–42. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2233
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The “what” and “why” of goal pursuits: Human needs and the self-determination of behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227–268. https://doi.org/10.1207/S15327965PLI1104_01
Kusuma Ardi, S. D., & Desstya, A. (2023). Media Pembelajaran Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/10.23917/bppp.v5i1.22934
Nurussofa, R., & Astuti, H. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 9(1), 22–28. https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4183
Putri, N. E., Mansur, H., & Satrio, A. (2024). Pemanfaatan Canva Sebagai Aplikasi Desain Grafis Untuk Mendukung Pembelajaran Di Tingkat Sekolah Dasar. J-Instech, 5(1), 172. https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i1.9852
Yustitia, V., Rakhmah, Y. N. I., Astuti, I. P., & Untari, E. (2024). Ular Tangga Numerasi: Inovasi Media Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Simki Pedagogia, 7(1), 32–43. https://doi.org/10.29407/jsp.v7i1.542
Copyright (c) 2025 Putri Santika, Isfahul Jannah, Serly Lindayanti, Baiq Kurnia Ayu Lestari, Andi Puji Widyastuti, Mariani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.