Sosialisasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Metode Team Games Tournament Kepada Guru Kelas SD Negeri 19 Ampenan

  • Baiq Hidayatul Azizah Universitas Mataram
  • Fitra Rizki Ramdhani Universitas Mataram
  • Khulaeni Hidayatul Hidayah Universitas Mataram
  • Muhammad Tabroni Universitas Mataram
  • Wais Al Qorni Universitas Mataram
Keywords: Problem Based Learning, Teams Games Tournament, Learning Results

Abstract

The increasing age of education, especially in Indonesia, does not rule out the possibility of poor learning outcomes. Learning outcomes are one of the important aspects during the learning process. With a learning outcome we can see whether the learner's goals have been achieved or not. To achieve a result, in the teaching and learning process it is recommended to choose an appropriate learning method so that it can be implemented in the class or material that will be taught. To achieve this goal, one method that is suitable and can be used is the problem based learning (PBL) learning model with teams games tournament (TGT). The implementation method used is the first stage is socialization, the second stage is implementing the PBL model with TGT and the third stage is carrying out discussions with the class teacher. The results of the implementation of the PBL model with TGT are that the individual scores and average scores of students are getting better so that the use of the PBL learning model with TGT has an effect on improving student learning outcomes.

 

Abstrak

Semakin meningkatnya usia pendidikan khususnya di Indonesia tidak menutup kemungkinan adanya hasil belajar yang kurang baik. Hasil belajar ialah salah satu aspek yang penting selama proses belajar. Dengan adanya suatu hasil belajar kita dapat melihat apakah tujuan pembelajar sudah tercapai atau belum. Tercapainya suatu hasil, dalam proses belajar mengajar disarankan memilih metode pembelajaran yang sesuai agar dapat diimplementasikan dalam kelas atau meteri yang akan diajarkan. Untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut, salah satu metode yang sesuai dan dapat digunakan adalah model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan teams games tournament (TGT). Metode pelaksanaan yang digunakan yakni tahap pertama ialah soisalisasi mengenai model pembelajaran yang akan digunakan, tahap kedua ialah implementasi model PBL dengan TGT dan tahap ketiga ialah melaksanakan diskusi dengan guru kelas. Hasil pelaksanaan dari digunkannya model PBL dengan TGT ini ialah nilai inividu dan nilai rata-rata peserta didik menjadi semakin baik sehingga penggunaan model pembelajaran PBL dengan TGT berpengaruh terhadap meningkatnya hasil belajar peserta didik.

References

Almas, A. F. (2018). Sumbangan Paradigma Thomas S. Kuhn dalam Ilmu dan Pendidikan (Penerapan Metode Problem Based Learning dan Discovery Learning). Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 89-106.
Peraturan Perundang-Undangan, UU. No. 20 (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Peraturan.bpk.go.id.
Arie Anang Setyo, d. (2020). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Makassar: Yayasan Bercode.
Chairul Huda Atma Dirgatama, d. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Mengimplementasi Program Microsoft Excel Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian di SMK Negeri 1 Surakarta. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran Vol.1, No.1, 37-53.
Efrika Marsya Ulfa, d. (2022). Implementasi Game Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU Volume 6 Nomor 6, 9344 - 9355.
Gunawan, d. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar . Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), 14-22.
Khaerunnisa, d. (2022). Penerapan Metode Games Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Siswa Kelas IV. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, Vol, 6. No, 3, 516-520.
Muldayanti, N. (2013). Pembelajaran Biologi Model STAD dan TGT Ditinjau Dari Keingintahuan dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia JPII 2 (1), 12-17.
Nasruddin. (2019). Penerapan Metode TGT (Team Game Tournament) Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Bandar Baru. Jurnal Sains Riset ISSN 2088-0952 Volume 9, Nomor 1, 56-68.
Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan 18 (1), 811-819.
Puspitasari, A. S. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 278-288.
Resti Ardianti, d. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. Journal for Physics Education and Applied Physics, Vol. 3 No. 1, 27-35.
Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 2– No. 1, 114-121.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 6(1), 35-43.
Zulfa Setiawan, d. (2021). Penerapan TGT (Team Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 2 Sigli. Jurnal Edukasi Elektro, Vol. 05, No. 2, 131-137.
Published
2023-12-26
Section
Articles