Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Author Guidelines

Rengganis, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, menerima artikel hasil pengabdian dalam bidang pendidikan matematika, ilmu matematika, dan terapannya yang belum pernah dipublikasikan ke-jurnal manapun. Naskah dikirim secara online melalui laman https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Rengganis/index

Semua penulis pada artikel harus dicantumkan/diketik pada OJS pada saat mengisi “authors” pada proses submit artikel. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan mengikuti template jurnal. Sistematika artikel hasil pengabdian tidak terlalu jauh berbeda dengan sistematika hasil penelitian pada umumnya, yakni meliputi: Judul, Identitas Penulis (Nama, Instansi, dan corresponding autor e-mail), Abstrak disertai Kata Kunci (Indonesia-Inggris), Cara Mengutip, Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih, Rekomendasi, dan Referensi.

Judul
Ditulis dengan font Century Schoolbook, font size 16 pt, Bold, Maksimal 14 Kata

Nama Penulis
Semua nama penulis ditulis, dan penulis utama (pertama) diberi nomor dan tanda * diakhir nomor. Contoh: Baidowi1, Hapipi2, Ratih Ayu Apsari3*

Nama Instansi
Nama instansi menyesuaikan nama penulis, diberi nomor dan dicetak miring. Contoh:
1,2 Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Mataram, Mataram
3 Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Pendidikan Ganesa, Singaraja

e-mail Korespondensi Penulis
email dari penulis utama (pertama) dan diberi tanda * diawal. Contoh:
*Corresponding Author e-mail: baidowi@gmail.com

Abstrak
Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Judul abstrak menggunakan Font Century Schoolbook (10 pt.) dan isi abstrak menggunakan Font Century Schoolbook (9 pt.). Spasi satu. Bagian abstrak harus berisi masalah inti yang akan diangkat, metode penyelesaiannya, dan temuan ilmiah yang diperoleh dan kesimpulan. Abstrak untuk setiap bahasa hanya dapat ditulis dalam satu paragraf dalam format kolom tunggal.Tidak perlu mencantumkan kutipan dalam abstrak.

Kata Kunci
Ditulis dalam dua atau lebih kata atau frasa, yang penting, spesifik, atau representatif untuk artikel tersebut. Masing-masing kata kunci dipisahkan dengan tanda koma (,).

Cara Mengutip
Baidowi., Hapipi., & Apsari, R.A. (2020). Judul artikel ditulis 16 pt cetak tebal maksimal 14 kata. Rengganis, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol(no), xx-yy. doi:https://doi.org/xxxuyxxxxxxx/rengganis.vxxiyy

 

1. PENDAHULUAN
Pendahuluan harus mengandung latar belakang umum, keadaan yang berkaitan sebagai dasar untuk pernyataan kebaruan ilmiah dari artikel, pernyataan kebaruan ilmiah, dan masalah pengabdian atau hipotesis (secara berurutan). Di akhir pendahuluan, tujuan dari tinjauan artikel harus ditulis. Dalam format artikel ilmiah, tinjauan literatur tidak diizinkan seperti dalam laporan penelitian tetapi dimanifestasikan dalam bentuk studi seni untuk menunjukkan kebaruan ilmiah artikel tersebut.

Bagian isi makalah ditulis dengan jenis huruf Century Schoolbook dengan ukuran tulisan 11pt dan spasi 1.15. Abstrak dan Referensi ditulis dengan jenis huruf yang sama dengan ukuran tulisan 10pt dan spasi 1.

2. METODE
Alur pengabdian harus disajikan dalam bagian ini lengkap dengan keterangan. Keterangan gambar yang ditempatkan sebagai bagian dari judul gambar (keterangan gambar) bukan bagian dari gambar. Metode yang digunakan dalam menyelesaikan studi ditulis di bagian ini.
Pada dasarnya, bagian ini menjelaskan cara-cara pengabdian dilakukan atau dilaksanakan. Bahan utama yang harus ditulis pada bagian ini adalah: (1) desain pengabdian; (2) populasi dan sampel; (3) teknik pengumpulan sampel dan pengembangan instrumental; dan (4) teknik analisis data.
Spesifikasi dan jenis alat dan bahan harus ditulis jika pengabdian telah dilakukan dengan menggunakannya. Kegiatan pengabdian yang menggunakan desain Penelitian kualitatif, seperti penelitian tindakan kelas, studi kasus, dan sebagainya, perlu menyebutkan kehadiran peneliti, subjek penelitian, dan partisipan informan, serta metode yang digunakan untuk mengeksplorasi data, lokasi penelitian, durasi penelitian, dan deskripsi validasi hasil penelitian.
Disarankan agar penulis menghindari pengorganisasian konten artikel ke dalam bagian yang lebih kecil daripada subpos kedua di bagian ini. Namun, jika ada faktor yang tidak dapat dihindari, gaya penulisan harus mengikuti bagian "Hasil dan Pembahasan".

3. HASIL DAN PEMBAHASAN
Hasil dan Pembahasan berisi temuan dan diskusi temuan ilmiah. Tuliskan temuan-temuan ilmiah yang diperoleh dari hasil pengabdian yang dilakukan dan didukung oleh data yang memadai. Temuan ilmiah yang dimaksud di sini bukanlah hasil dari data pengabdian yang diperoleh. Temuan ilmiah harus dijelaskan secara ilmiah termasuk: Temuan ilmiah apa yang diperoleh? Mengapa itu terjadi? Mengapa variabel tren seperti itu? Semua pertanyaan ini harus dijelaskan secara ilmiah, tidak hanya deskriptif jika perlu didukung oleh fenomena dasar ilmiah yang memadai. Selain itu, itu juga harus dijelaskan dibandingkan dengan hasil peneliti lain yang hampir topik yang sama.

Hasil pengabdian dan temuan harus dapat mengakomodasi tujuan pengabdian pada bagian pendahuluan.

4. KESIMPULAN
Kesimpulan menggambarkan jawaban atas hipotesis dan / atau tujuan pengabdian atau temuan ilmiah yang diperoleh. Kesimpulan tidak mengandung pengulangan hasil dan pembahasan, melainkan merangkum temuan seperti yang diharapkan dalam tujuan atau hipotesis.

5. UCAPAN TERIMA KASIH
Bagian ini dapat ditulis jika ada pihak-pihak tertentu yang perlu diakui, seperti sponsor kegiatan pengabdian (pihak-pihak yang telah membantu pengabdian ini, misalnya asisten pengabdian, pemberi dana pengabdian dan lain-lain. Bagian ini tidak wajib). Pengakuan harus ditulis secara singkat dan jelas. Selain itu, hindari pengakuan hiperbola.

6. REKOMENDASI

Rekomendasi menggambarkan hal-hal yang akan dilakukan terkait dengan ide pengabdian selanjutnya. Hambatan atau masalah yang dapat mempengaruhi hasil pengabdian juga disajikan pada bagian ini.

7. REFERENSI

Referensi ditulis dengan menggunakan format (American Psychological Association) APA 6. Urutkan referensi berdasarkan alphabet. Tulis referensi dengan menggunakan jenis huruf Century Schoolbook dengan ukuran tulisan 10pt dan spasi 1. Minimal 80% referensi berasal dari jurnal terbitan maksimal 10 tahun terakhir. Banyak referensi minimal 15. Untuk memastikan format penulisan referensi yang benar, mohon gunakan Aplikasi Reference Manager seperti: EndNote, Mendeley, Zotero, Microsoft Word References Manager atau yang lainnya.
Adapun contoh penulisan referensi yang digunakan dalam Rengganis, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai berikut:
.

a. Journal articles: Alcock, L., & Simpson, A. (2004). Convergence of sequences and series: Interactions between visual reasoning and the learner’s beliefs about their own role.Educational Studies in Mathematics, 57(1), 1-32.
b. Book: Lakatos, I. (1976).Proofs and refutations: The logic of mathematical discovery. Cambridge: CambridgeUniversity Press.
c. Articles in proceedings: Nardi, E., & Iannone, P. (2002). Students, bicycles and the quirks of symbolic language in mathematical logic. In S. Goodchild (Ed.), Proceedings of the Conference of the British Society of Research Into the Learning of Mathematics(Vol. 22(2), pp. 49-54). Bristol, UK.
d. Thesis and dissertation, research reports: Susiswo. (2006). Folding Back Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Limit. Doctoral dissertation. Universitas Negeri Malang.
e. Chapter in edited book: Breen, C. (2003). Mathematics teachers as researchers. In A. J. Bishop, M. A. Clements, C. Keitel, J. Kilpatrick & F. K. S. Leung (Eds.), Second International Handbook of Mathematics Education (pp.523-544). Dordrecht/Boston/London: Kluwer Academic Publishers..
f. Website: Research Sampler 5: Examples in Learning Mathematics. (n.d.). Retrieved February 5, 2020, from Mathematical Association of America Interact website: https://www.maa.org/programs/faculty-and-departments/curriculum-department-guidelines-recommendations/teaching-and-learning/examples-in-learning-mathematics
g. Articles from the websites: Baker, J. D. (1996). Students' difficulties with proof by Mathematical Induction. Paper presented at the Conference Name|. Retrieved Access Date|. from URL|.
h. Dokumen Resmi: Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 tentang Pendidikan Tinggi. (2012). Jakarta: Kemdikbud.
i. Semua sesuatu yang terkait dengan perizinan pengutipan atau yang lainnya yang terkait dengan HaKI yang dilakukan oleh penulis, termasuk konsekuensi hukum yang mungkin muncul karenanya, adalah menjadi tanggung jawab penuh penulis.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.