Peningkatan Karakter Siswa Melalui Pementasan Drama di SDN 4 Mataram Oleh Kampus Mengajar Angkatan 6

  • Santi Nur Anisa Universitas Mataram
  • Laela Hidayati Putri Universitas Mataram
Keywords: pembentukan karakter, kelas drama, drama

Abstract

Drama adalah genre karya sastra yang menggambarkan kehidupan manusia dengan gerak. Dalam hal membentuk karakter siswa pemerintah mengadakan program kampus mengajar yang merupakan salah satu program dari kurikulum merdeka belajar kampus merdeka. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SDN 4 Mataram. Sumber data pada kegiatan pengabdian ini adalah berdasarkan hasil observasi terhadap tingkah laku siswa. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Metode kualitatif yang digunakan dalam kegiatan ini menggunakan pendekatan deskriptif untuk mendeskripsikan  data yang diperoleh dari hasil observasi. langkah-langkah dalam memperoleh data yang  yang dilakukan penulis yaitu ketika sampai ke SDN 4 Mataram ialah berkoordinasi dengan guru pamong. Kemudian, mengobservasi proses latihan kelas drama yang dilakukan oleh siswa. Lalu, melakukan observasi dengan mengamati tingkah laku para siswa SDN 4 Mataram yang mengikuti kelas drama. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa kelas drama dapat membentuk karakter siswa seperti, kepercayaan diri, kerja sama, tanggung  jawab,  disiplin, dan saling menghargai.

References

Aminuddin. 2000. Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Elfindri, dkk. 2012. Pendidikan Karakter: Kerangka, Metode, dan Aplikasi Untuk Pendidik dan Profesional. Jakarta: Baduose Media.

Endraswara, S. 2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: CAPS.

Fathoni, A. 2005. Antropologi Sosial Budaya. Jakarta: Rineka Cipta.

Hassanudin W.S. 2009. Drama Karya dalam Dua Dimensi. Bandung: Angkasa.

Herdiansyah, H. 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Koentjaraningrat. 2015. Pengantar Ilmu Antropologi. Bandung: Rineka Cipta.

Maryaeni. 2008. Metodologi Penelitian Kebudayaan. Jakarta. Bumi Aksara.

Mudyahardjo, Redja. 2008. Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal tentang Dasar-Dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Moleong, L.J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurihsan, A.J. 2016. Membangun Peradaban. Bandung: Refika Aditama.

Pidarta, Made. 2007. Landasan Pendidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nurihsan, A.J. 2016. Membangun Peradaban. Bandung: Refika Aditama.

Raka, G., dkk. 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta: PT. Kompas Gramedia.

Samsuri. 2011. Mengapa (Perlu) Pendidikan Karakter? Yogyakarta: Bahan Sosialisasi Mata Kuliah Pendidikan Karakter di FISE UNY Wonosobo.

Sudrajat, A. 2010. Tentang Pendidikan Karakter. [Online]. Tersedia: http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/08/20/pendidikan-karakter-di-smp. [12 April 2012].

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H.G. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Waluyo, H.J. 2006. Drama: Naskah, Pementasan, dan Pengajarannya. Surakarta: UNS Press.

Published
2024-01-05
Section
Articles