Optimalisasi Gerakan Literasi SDN 2 Kekeri Melalui Pembuatan Pojok Baca

  • Tia Ilda Annisa UNIVERSITAS MATARAM
Keywords: Kata Kunci : Pojok Baca, Gerakan Literasi, Mahasiswa Asistensi Mengajar

Abstract

Literasi merupakan salah satu keterampilan kunci untuk masa depan karena kemampuan literasi yang baik membantu seseorang untuk memahami, menganalisis, dan menggunakan informasi secara efektif. Gerakan literasi sekolah (GLS) ini wajib digalakkan karena minat membaca dan menulis masyarakat Indonesia masih tergolong minim. Pojok Baca yang merupakan salah satu program literasi yang dibuat oleh Mahasiswa Asistensi Mengajar angakatan 2 yang bertujuan untuk meningkatkan gerakan literasi membaca di SDN 2 Kekeri . Metode yang digunakan dalam pengbdian ini melalui tahapan (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan; (3) Evaluasi Kegiatan. Dalam pelaksanaan kegiatan menghasilkan 3 pojok baca dikelas tinggi dan rendah. Di pojok baca terdapat beberapa buku bacaan yang disediakan, hiasan dinding yang menarik, disediakan juga tempat duduk minimalis , rak buku yang dapat dipindahkan sesuai kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan pojok baca dalam meningkatkan minat baca di SDN 2 Kekeri, dimanfaatkan ketika melakukan kegiatan gerakan literasi sekolah, dan sebagai bahan diskusi atau bahan pencarian dan mengisi waktu kekosongan siswa.

References

Antasari, I. W. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Libria, 9(1).
Badriyah, F. N. (2022). Peran Orang Tua Dalam Gerakan Literasi Siswa Kelas IV Di MI AL-Muhajirin Desa Gegesik Kidul Kabupaten Cirebon Tahun 2021/2022 (Doctoral dissertation, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon).
Batubara, H.H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd),4(1),15-29.
Cahyono, H. (2019). Peran mahasiswa di Masyarakat. De Banten-Bode: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Setiabudhi, 1(1), 32-41.
Dharma, K. B. (2020). Implementasi gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal edukasi nonformal, 1(1), 70-76.
Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Hanata Widya, 6(8), 60-69.
Kurniawan, Agung Rimba, et al. (2020). "Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar." Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 3.(2), 48-57.
Kuntarto, E., & Sari, N. (2017). Pengalaman Terbaik Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Buku Perpustakaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 18-35
Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus literasi abad 21 di indonesia. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 107-126.
Rahayu, G.S. (2015). Pengaruh Minat membaca Terhadap prestasi beajar ips siswa kelas v SD Se- Gugus II Kasihan Bantul tahun ajaran 2014/2015. Universitas PGRI. Yogyakarta, 3.(1).
Rofi'uddin, M. A., & Hermintoyo, H. (2017). Pengaruh Pojok Baca Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa di SMP Negeri 3 Pati. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1).
Satgas Gerakan Literasi Sekolah Kemendikbud (2016), Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 7–8.
Widayoko, A, Muhardjito, et al. (2018) “Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dengan Pendekatan Goal-Based Evaluation,” Jurnal Tatsqif 16(1), 78–92, https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.134.
Zahra, N., & Amaliyah, N. (2023). Analisis Faktor Rendahnya Literasi Siswa Di Kelas 4 Sdn Sususkan 03 Pagi. Research and Development Journal of Education, 9(2), 898-905.
Published
2024-05-31
Section
Articles