Peningkatan Kompetensi Guru dalam Memanfaatkan Geogebra Sebagai Media Pembelajaran

  • Amrullah
  • Nani Kurniati
  • Ni Made Intan Kertiyani Universitas Mataram
  • Wahidaturrahmi Universitas Mataram
Keywords: pelatihan, Geogebra, applet, visualiasasi

Abstract

Hasil wawancara yang dilakukan dengan guru-guru matematika SMP di Kota Mataram menununjukan bahwa guru memerlukan media pembelajaran untuk membantu visualisasi objek-objek dalam materi pelajaran seperti garis-garis yang berpotongan dan perpotongan garis dengan sumbu koordinat. Geogebra dalam hal ini dapat digunakan untuk memvisualisasikan objek-objek tersebut dengan baik. Untuk membantu meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan Geogebra, dilakukan kegiatan pelatihan bagi 40 guru matematika SMP di Kota Mataram. Kegiatan dilakukan dalam bentu pemaparan materi, demonstrasi, praktek terbimbing dan praktek mandiri. Hasil praktek mandiri menunjukan seluruh peserta mampu membuat applet Geogebra sederhana terkait materi yang diajarkan guru yang bersangkutan di kelas. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa seluruh peserta mendapatkan tambahan pengetahuan maupun keterampilan tentang pembuatan applet Geogebra.  

References

Abdilah, Pramita, D., & RPN, H. (2018). Peningkatan Global Media and Information Literacy Professional Network (GMILPN) MGMP Matematika di NTB. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter , 1(1), 1–9. www.wordpress.com
Aripin, U., Setiawan, W., Hendriana, H., & Masruroh, A. A. (2020). ASGAR (Animasi Software Geogebra Dan Alat Peraga) untuk Mendukung Proses Pembelajaran Matematika di Kelas. Jurnal SOLMA, 9(2), 354–360. https://doi.org/10.22236/solma.v9i2.3975
Aryanti, R., & Ferianto, F. (2019). Identifikasi Kemampuan Visualisasi Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 400–410.
Asryana, Sanapiah, & Kinasih, I. P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa. Media Pendidikan Matematika, 5(2), 107–114. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jmpm
Ghalib, A., Matematika, P., Uny, F., & Mahmudi, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Geogebra Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Spasial pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pedagogi Matematika, 8(1), 1–10. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm
Hohenwarter, M., & Fuchs, K. (2004). Combination of dynamic geometry, algebra and calculus in the soware system GeoGebra Cite this paper Combination of dynamic geometry, algebra and calculus in the software system GeoGebra. Omputer Algebra Systems and Dynamic Geometry Systems in Mathematics Teaching Conference, 1–6.
Majerek, D. (2014a). Application of Geogebra for Teaching Mathematics. Advances in Science and Technology Research Journal, 8, 51–54. https://doi.org/10.12913/22998624/567
Majerek, D. (2014b). APPLICATION OF GEOGEBRA FOR TEACHING MATHEMATICS. Advances in Science and Technology Research Journal, 8, 51–54. https://doi.org/10.12913/22998624/567
Mukarramah, M., Edy, S., & Suryanti, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Software Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah matematika Peserta Didik SMP. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 67. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13309
Siswanto, R. D., & Kusumah, Y. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Geometri Spasial Siswa SMP Melalui Pembelajran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Geogebra. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(1).
Sugiarni, R., Alghifari, E., & Ifanda, A. R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 93–102.
Published
2024-11-29