Desiminasi Pengembangan Kognitif Anak Melalui Pembelajaran Berbasis Teknologi Bagi Mahasiswa Calon Guru FKIK Institut Ahmad Dahlan Probolinggo
Abstract
Pengembangan kognitif anak merupakan aspek penting dalam pendidikan usia dini yang menuntut pendekatan pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan perkembangan zaman. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mendiseminasikan konsep dan strategi pembelajaran berbasis teknologi kepada mahasiswa calon guru di Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan (FKIK) Institut Ahmad Dahlan Probolinggo, guna meningkatkan kapasitas mereka dalam merancang pembelajaran yang mendukung perkembangan kognitif anak. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi observasi awal, penyusunan materi dan modul, pelatihan melalui seminar dan workshop, serta evaluasi hasil kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta mengalami peningkatan pemahaman yang signifikan terhadap konsep perkembangan kognitif anak serta keterampilan dalam menggunakan teknologi pendidikan secara efektif. Kegiatan ini memberikan kontribusi positif terhadap kesiapan mahasiswa dalam menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21, khususnya dalam pengembangan pembelajaran berbasis teknologi yang berorientasi pada kebutuhan anak.
References
Aminah, S., Ramawani, N., Azura, N., Fronika, S., Hasanah, S. M., & Salsabillah, T. (2022). Pengaruh Metode Belajar Sambil Bermain Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.66
Arestya, D., Mukhtar, M., Anwar, K., My, M., & Asrulla, A. (2024). Analisis kemampuan kognitif terhadap kreatvitas Pada era digitalisasi. IQRO: Journal of Islamic Education, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.24256/iqro.v7i1.4794
Asmayawati, A., Jundi, R., Irfan, M., Lilis, L., Hidayat, A., Rahayu, M., & Mubarok, A. (2024). Sosialisasi Literasi Digital Berbasis Powerpoint Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kognitif dan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2523–2529. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.26068
Fauziah, A., Kurnianti, E. M., & Hidayat, O. S. (2022). Development of Website Chatbot Media Learning Data Presentation Materials Based on Problem Solving In Grade 4th Elementary School. 9(1). https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e/article/view/16348
Fransiska, K. A. W., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Perkembangan Kognitif Siswa pada Penggunaan Media Pembelajaran Digital Ditinjau dari Teori Jean Piaget: Kajian Literatur Sistematis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.839
Gusli, R. A., Zakir, S., & Akhyar, M. (2023). Tantangan Guru terhadap Perkembangan Teknologi Agar Memanfaatkan Artificial Intelligence Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.32832/itjmie.v4i3.15418
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.22373/ji.v3i1.197
Kusmiati, E. E., Widartiningsih, W., Fauziati, E., & Muhibbin, M. (2024). Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(1), Article 1.
Nirmala, S. U., Agustina, A., Robiah, S., & Ningsi, A. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.746
Octaviani, W. R., Putri, A. T., Rosmalia, A., Astuti, K., Dewi, B. N. S., & Istiningsih, S. (2025). Desain Model Pembelajaran Literasi Awal Anak Usia 5-6 Tahun Berbasis Teknologi Interaktif Multisensori. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(1), 388–395. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.624
Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702
Qiptiyah, T. M. (2024). Teori Perkembangan Kognitif Anak (Vygotsky). Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.53515/cej.v5i1.5894
Resti, R., Wati, R. A., Ma’Arif, S., & Syarifuddin, S. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Alat Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3563
Supiarmo, M. G. (2021). Defragmenting Studentâ€TMs Thinking Structures in Solving Mathematical Problems on PISA Model. (JIML) JOURNAL OF INNOVATIVE MATHEMATICS LEARNING, 4(4), 167–177. https://doi.org/10.22460/jiml.v4i4.p167-177
Supiarmo, M. G., Listantia, N., Karoluslina, Sakaroni, R., Primajati, G., & Ningthias, D. P. (2024). Pelatihan Guru: Cara Cepat dan Mudah Menulis Artikel Ilmiah Berstandar Jurnal Nasional Bereputasi Menggunakan Artificial Intelliegence. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia, 3(2), 108–114. https://doi.org/10.29303/jpimi.v3i2.5970
Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939
Wulandari, F., Widyaningrum, N., Sa’ida, N., & Masturoh, U. (2025). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis AR dan VR. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.59373/academicus.v4i1.86
Zega, B. K., & Wahyu, S. (2021). Pengaruh Perkembangan Kognitif Pada Anak | Zega | Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen). https://jurnal.sttkn.ac.id/index.php/Veritas/article/view/101
Copyright (c) 2025 M. Gunawan Supiarmo, Karoluslina, Nora Listantia, Dyah Puspitasari Ningthias, Gilang Primajati, Ruslin, Rubiyatna Sakaroni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.