Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis E-Learning Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII di MTsN 1 Mataram

  • Ulia Safitri Universitas Mataram
  • Baidowi Baidowi Universitas Mataram
  • Wahidaturrahmi Universitas Mataram
  • Nani Kurniati Universitas Mataram
Keywords: e-learning matematika, system of linear equations of two variables

Abstract

The purpose of this study was to determine the effectiveness of e-learning based mathematics learning on the material of the two-variable linear equation system for class VIII at MTsN 1 Mataram. This type of research is a descriptive study using a quantitative approach. The research design used a post-test-only control design. All students of class VIII at MTsN 1 Mataram were the population and the sampling technique used cluster random sampling. The sample used was class VIII-8 and VIII-9 who were a member of one sample group. The data in the study were analyzed using descriptive statistics and paired sample t-test to determine whether or not e-learning based mathematic learning was effective in the material of the two-variable linear equation system. Based on the results of data analysis, it is known that e-learning-based mathematics learning with learning video is effectively applied to the material of the two-variable linear equation system for class VIII students at MTsN 1 Mataram the academic year 2020/2021.

References

Albaniah, T. A. N. T. Y. 2014. Hubungan Penggunaan Media Video Pembelajaran

Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv

Sdn 76/1 Sungai Buluh. 1–7. Diunduh dari http://ecampus. fkip. unja. ac. id/eskripsi/data/pdf/jurnal_mhs/artikel/A1D109136. pdf.

Ananda, R. & Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan Teori dan Praktik dalam Pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita.

Ekawardhana, N. E. 2020. Efektivitas Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Video Conference. Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER) (Vol. 4, No. 1).

Fathurrohman, M. & Sulistyorini. 2012. Belajar Dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.

Gunawan, M. A. 2013. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.

Gunawan, M. A. 2015. Statistik Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Sosial. Yogyakarta: Parama Publishing.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Ismawati, D., & Prasetyo, I. 2020. Efektivitas pembelajaran menggunakan video zoom cloud meeting pada anak usia dini era pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665-675.

Junita, T., Rahim, U., & Salam, M. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Online Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 9(1), 99-112.

Lestari, I. (2015). Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: jurnal ilmiah pendidikan MIPA, 3(2).

Muhardi, M., & Ponidi, P. 2020. Pembelajaran Online yang Efektif di Masa Pandemik Covid-19 Studi Kasus di SMP Negeri 4 Pakem Sleman. INTEK: Jurnal Informatika Dan Teknologi Informasi, 3(1), 41-51.

Nadziroh, F. 2017. The Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning. Journal of Computer Science and Visual Communication Design, 2(1), 1-14.

Nu’man, A. Z. 2014. Efektivitas Penerapan E-Learning Model Edmodo Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus: SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo). Jurnal DutaCom. 7(1):1-13.

Pujiastutik, H. 2019. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada Mata Kuliah Belajar Pembelajaran I Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 25-36.

Ristianti, L. 2017. Penerapan Media Video Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI di Kelas VII MTs Paradigma Palembang. Skripsi. UIN Raden Fatah.

Sandiwarno, S. (2016). Perancangan Model E-Learning Berbasis Collaborative Video Conference Learning Guna Mendapatkan Hasil Pembelajaran yang Efektif dan Efisien. Jurnal Ilmiah FIFO, 8(2), 191-200.

Sari, B. T. W. 2019. Pengaruh Durasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Ledok 006 Salatiga. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 139-144.

Sudjana, 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sutarto & Wuryanto. 2018. Geometri, Teknologi, dan Bagaimana Penggunaannya dalam Kaitannya dengan Keterampilan Pembuktian. Prisma 1: 904-908.

Utami,Y. P., & Cahyono, D. A. D. 2020. Study at Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20-26.

Ziden, A. A., & Rahman, M. F. A. (2013). The Effectiveness of Web-Based Multimedia Applications Simulation in Teaching and Learning. International Journal of Instruction, 6(2), 211-222.

Zulkardi. 2002. Developing a Learning Envorinment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Students Teachers. Thesis. University of Twente. Enschede: Printpartners Ipskamp.

Published
2021-12-31