Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 5 Kota Bima Tahun Ajaran 2021/2022

  • Tara Rezika Aliffianti Universitas Mataram
  • Nani Kurniati Universitas Mataram
  • Nilza Humaira Salsabila Universitas Mataram
  • Muhammad Turmuzi Universitas Mataram
Keywords: mathematical communication skills, learning styles, mathematical learning

Abstract

This study aims to describe mathematical communication skills in terms of visual, auditory, and kinesthetic learning styles on the material of a two-variable linear equation system. The type of research is descriptive research. The research instrument are learning style questionnaire, a mathematical communication skill test, and an interview guide. Taking the subject in this study by purposive sampling, obtained 6 students of class VIII-1 SMPN 5 Bima City where 2 students with visual learning styles, 2 students with auditory learning styles, and 2 students with kinesthetic learning styles. The six students were given questions about mathematical communication skills tests and interviews. The results are mathematical communication skills of students with visual learning style is in the sufficient category, and students with auditory and kinesthetic learning styles had mathematical communication skills which are in less category. This is indicated by students with visual learning style who are able to fulfill the indicators of writing and mathematical expression but are not able to fulfill the indicators of drawing. Students with auditory learning style and kinesthetic learning style are not able to fulfill the indicators of writing, mathematical expression, and drawing.

Author Biographies

Tara Rezika Aliffianti, Universitas Mataram

Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika

Nani Kurniati, Universitas Mataram

Dosen Program Studi Pendidikan Matematika

Nilza Humaira Salsabila, Universitas Mataram

Dosen Program Studi Pendidikan Matematika

Muhammad Turmuzi, Universitas Mataram

Dosen Program Studi Pendidikan Matematika

References

Achir, Y. S., Usodo, B., & Setiawan, R. (2017). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi SPLDV ditinjau dari gaya kognitif. Jurnal Penelitian Pendidikan. doi: 10.20961/paedagogia.v20i1.16600.
Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita.
Armiati. (2009). Komunikasi matematis dan kecerdasan emosional. Oleh Sarwo Hadi, Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7030
Azwar, S. (2013). Reliabilitas Dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Danaryanti, A., & Noviani, H. (2015). Pengaruh gaya belajar matematika siswa kelas VII terhadap kemampuan komunikasi matematis di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika.
Erawati, N. K., & Putri, N. W. S. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dalam penyelesaian masalah ditinjau dari gaya belajar. Prosiding Senama PGRI. Diakses dari https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/senama/article/view/328
Fajriah, N., & Soraya, S. (2017). Penerapan outdoor learning dengan media klinometer terhadap aktivitas dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal Review Pembelajaran Matematika. doi: 0000-0003-1712-0132.
Kurnia, H. I., Royani, Y., Hendriana, H., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematik siswa SMP ditinjau dari resiliensi matematik. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif.
Masrifah, Setyowati, R. D., & Happy, N. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis berdasarkan gaya belajar visual. Jurnal Euclid. doi: 10.33603/e.v7i1.2508.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM.
Nugraheni, E., & Pangaribuan, N. (2006). Gaya belajar dan strategi belajar mahasiswa jarak jauh kasus di universitas terbuka. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh.
Nugroho, A. D., Zulkarnaen, R., & Ramlah. (2021). Analisis kemampuan komunikasi matematis pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari gaya belajar siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. doi: 10.33449/jpmr.v6i2.13406.
Pane, N. S., Jaya, I., & Lubis, M. S. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi penyajian data di kelas VII MTs islamiyah medan T.P 2017/2018. Jurnal Pendidikan Dan Matematika.
Priyatna, A. (2013). Pahami Gaya Belajar Anak! Memaksimalkan Potensi Anak Dengan Modifikasi Gaya Belajar. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Purbaningrum, K. A. (2017). “Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar.” Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika. doi: 10.30870/jppm.v10i2.2029.
Putra, Y. A., Susanto, & Suharto. (2019). Analisis komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal persamaan linear satu variabel ditinjau dari gaya belajar. Kadikma, 10(1):126–35.
Rohmah, N., & Khabibah, S. (2014). Profil komunikasi siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif dan jenis kelamin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.
Sari, A. K. (2014). Analisis karakteristik gaya belajar VAK (visual, auditorial, kinestetik) mahasiswa pendidikan informatika angkatan 2014. Jurnal Ilmiah Edutic.
Sari, S. M., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self-concept. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. doi: 10.15294/kreano.v11i1.22717.
Syarifah, T. J., Sujatmiko, P., & Setiawan, R. (2017). Analisis kemampuan komunikasi matematis tertulis ditinjau dari gaya belajar pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA batik 1 surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika.
Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi gaya belajar (visual, auditorial, kinestetik) mahasiswa pendidikan matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika. doi: 10.30870/jppm.v10i2.2037.
Wijayanti, I. D., Hariastuti, R. M., & Yusuf, F. I. (2019). Kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika.
Published
2022-06-30
Section
Articles