Pengaruh Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh minat belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wawo tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dari penelitian ini seluruh siswa kelas VIII sebanyak 45 siswa yang terdiri dari 2 kelas, yakni kelas VIIIA dan kelas VIIIB. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh atau total sampling dimana seluruh populasi menjadi sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi. Sebelum melakukan uji hipotesis, terlebih dahulu melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linieritas, dan uji mulikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) minat belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan kontribusi sebesar 50,7%; 2) kebiasaan belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan kontribusi sebesar 54%; 3) minat belajar dan kebiasaan belajar memiliki pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan kontribusi sebesar 59,1%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa minat belajar dan kebiasaan belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wawo tahun ajaran 2021/2022.
References
Araniri, N. (2018). Kompetensi Profesional Guru Agama dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa. Risâla: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1), 75–83.
Cahyasari, I., & Dewi, R. M. (2016). Kebiasaan Belajar Dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3), 1–7.
Daud, M. H., & Lidi, M. W. (2020). Hubungan Kebiasaan Belajar dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar IPA Siswa SMPK St Gabriel Ndona. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 143–149.
Lestari, I. (2013). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3(2), 115–125.
Mardapi, D. (2015). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Nuha Medika.
Ocktaviani, N. N., Aulia, S. N., & Zanthy, L. S. (2019). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(4), 161–166.
Saifullah, & Muchlis. (2018). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dan Kebiasaan Belajar Matematika Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa. SUPERMATJurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–10.
Sembiring, R. B., & Mukthar. (2013). Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 214–229.
Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131.
Simamora, L. (2014). Pengaruh Persepsi tentang Kompetensi Pedagogik Guru dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(1), 21–30.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43.
Sukmawati, N. P. F., Suarni, N. K., & Renda, N. T. (2013). Hubungan antara Efikasi Diri dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN di Kelurahan Kaliuntu Singaraja. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1), 1–12.
Syardiansah. (2016). Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen (Studi kasus Mahasiswa Tingkat I EKM A Semester II). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 440–448.
Wijaya, S. A., Novi, R. A., & Saputri, S. D. (2019). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 117–121.