Peningkatkan Minat Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus di SDIT Yaditama Ar-Rahman

  • Chrisnaji Banindra Yudha STKIP Kusuma Negara
  • Ilmi Noor Rahmad STKIP Kusuma Negara
  • Wilda Hilyati STKIP Kusuma Negara
  • Siti Nur Hasanah STKIP Kusuma Negara Bintara
Keywords: Interest to Learn, Students With Special Needs, Sciences, Demonstration Model

Abstract

This study aims to determine the increase in learning interest of students with special needs in science subjects at SDIT Yaditama Ar-Rahman. The subjects in this study were IV grade students totaling 3 people. This research method is classroom action research which consists of four aspects, namely planning, implementation, observation and reflection. Data collection techniques in this study used observation, interviews and documentation. Based on the results of the study, that in cycle 1 the science learning process was said to be not good, because students with special needs did not appear to have an interest in participating in learning. In addition, the teacher in using the demonstration learning model has not been fully implemented properly in each meeting. Whereas in cycle 2 the interest in learning of students with special needs was quite visible and had increased.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa berkebutuhan khusus dalam mata pelajaran IPA di SDIT Yaditama Ar-Rahman. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 3 orang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat aspek, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pada siklus 1 proses pembelajaran IPA dikatakan belum baik, karena siswa berkebutuhan khusus belum terlihat memiliki minat dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, guru dalam menggunakan model pembelajaran demonstrasi belum sepenuhnya terlaksana dengan baik dalam setiap pertemuan. Sedangkan pada siklus 2 minat belajar siswa berkebutuhan khsus sudah cukup terlihat dan mengalami peningkatan.

References

Atmajaya, J. R. (2017). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dapiha. (2019). Penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar di kelas IV SD Negeri 11 Ujan Mas. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(1).

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1).

Kemdikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Lafiana, N. A., Witono, H., & Affandi, L. H. (2022). Problematika guru dalam membelajarkan anak berkebutuhan khusus. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 81-86.

Nia, A. (2019). Analisis Kesulitan Guru dalam Pengelolaan Kelas Inklusif di Paud Lenterahati Islamic School Jempong Baru Mataram. Skripsi. Mataram: Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram.

Sanjaya, Wina. (2006) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedai Group.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published
2023-03-31
Section
Articles