Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS)
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan selama dua siklus, yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika melalui penggunaan model kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada pokok bahasan sukubanyak siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Tanete Rilau. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Tanete Rilau sebanyak 32 orang dengan komposisi 12 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Skor rata-rata siswa pada Siklus I adalah 74,64 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 11,8. Siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 22 orang. (2) Skor rata-rata siswa pada siklus II yaitu 82,19 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 9,9. Siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 30 orang. (3) Terjadi peningkatan keaktifan dan perhatian siswa dalam belajar matematika baik pada saat pembelajaran maupun dalam kelompoknya. (4) Respons positif yang ditunjukkan siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Tanete Rilau terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) mencapai 88,4%. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika pada pokok bahasan sukubanyak siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Tanete Rilau.
References
Amalia, P., & Surya, E. (2017). Perbedaan hasil belajar statistika antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan TPS. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 8–14. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.7682
Amaliyah, N., Fatimah, W., & Abustang, P. B. (2019). Kontribusi model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar IPS. Satya Widya, 35(2), 126–139. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p126-139
Anggriani, S. (2022). Pengaruh self confidence terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 28–34.
Bungsu, T. kurniawan, Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, 01(02), 382–389
Erman, S. dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer (Common Teks Books). Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.
Emda, A. (2014). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Lantanida Journal, 2(1), 68. https://doi.org/10.22373/lj.v2i1.663
Fahrullisa, R., Putra, F. G., & Supriadi, N. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan pendekatan investigasi terhadap kemampuan komunikasi matematis. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 145. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.213
Haling. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: FIP UNM.
Hamalik, O. (2003). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Jumrah, J. (2017). Peningkatan pemahaman konsep geometri melalui metode demonstrasi siswa kelas V SDN 186 Lembang. Histogram, 1(1), 12–26
Jumrah, & Anggriani, S. (2022). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui penerapan metode problem solving. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 40–51. https://doi.org/10.58917/ijme.v1i1.1.
Khairunisa, R. W., & Basuki, B. (2021). Perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan CIRC. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 113–124. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1030
Nataliasari, I. (2014). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis siswa MTS. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 1–12.
Pradana, O. R. Y. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) pada prestasi matematika siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(1), 1–6. https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (numbered head together) terhadap hasil belajar matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517