Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Disposisi Matematika
Abstract
Seiring dengan perubahan iklim dalam dunia Pendidikan, tantangan beserta berbagai hambatan akan dialami dalam proses belajar. Peserta didik harus mampu menghadapi tantagan ini agar tetap dapat memecahkan permasalahan yang dihadapi di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disposisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMKN 51 Jakarta tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan jumlah sampel sebanyak 90 responden yang diambil dengan simple random sampling. Data disposisi diperoleh dengan memberikan angket dan kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh dengan memberikan tes essay sebanyak 10 soal, kedua instrumen diberikan dengan menggunakan aplikasi googleform. Data yang diperoleh diuji prasyarat yaitu uji normaitas dan linearitas. Teknik pengolahan data dengan menggunakan analisis regresi dan korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh disposisi terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika.
References
Hadi, S., & Novaliyosi, N. (2019). TIMSS INDONESIA (TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 0(0). https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1096
Hamalik, O. (2002). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Haryanti, S., & Sari, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Adversity Quotient Siswa Madrasah Tsanawiyah. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 077–087. https://doi.org/10.24014/JURING.V2I1.6712
Katz, L. G. (2009). Dispositions as Educational Goals. Http://Www.Edpsycinteractive.Org/Files/Edoutcomes.Html. http://www.edpsycinteractive.org/files/edoutcomes.html
Lestari, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Gantang, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.31629/JG.V3I2.478
Mahmudi, A., & Saputro, B. A. (2016a). Analisis Pengaruh Disposisi Matematis, Kemampuan Berpikir Kreatif, Dan Persepsi Pada Kreativitas Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 205–212.
Mahmudi, A., & Saputro, B. A. (2016b). Mahmudi, A., & Saputro, B. A. (2016). Analisis Pengaruh Disposisi Matematis, Kemampuan Berpikir Kreatif, Dan Persepsi Pada Kreativitas Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 205–212.
Mufarrihah, I., Kusmayadi, T. A., & Riyadi, R. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Ix Sekolah Menengah Pertama Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tipe Kepribadian Siswa (Studi Kasus di SMPN 1 Gondangwetan Pasuruan). Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(7).
Norpriana, T. (2015). Disposisi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Geometri Van Hiele. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(2), 80–95.
Paranduri. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Disposisi Matematis Siswa SMP. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 145–156.
Pratiwi, R., & Musdi, E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 10(1), 85–91. https://doi.org/10.24036/PMAT.V10I1.11481
Rahmadona Fitri, W., Aprison, W., & Matematika dan Pendidikan Matematika, J. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving. Math Educa Journal, 4(1), 47–54. https://doi.org/10.15548/MEJ.V4I1.1173
Ramdani, Y., Azmi, S., Wulandari, N. P., & Hayati, L. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Bilangan Ditinjau dari Kemampuan Number Sense Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 313–324. https://doi.org/10.29303/GRIYA.V3I2.341
Widyasari, N., Dahlan, J. A., & Dewanto, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Metaphorical Thinking. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2), 28–39.