Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sakra
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sakra tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post-facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sakra dengan jumlah 250 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga terpilih 71 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket kepercayaan diri dan tes prestasi belajar matematika. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kepercayaan diri berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sakra tahun pelajaran 2022/2023 dengan koefisien determinasi sebesar 7,7 %.
References
Amri, S. (2018). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis ekstrakurikuler pramuka terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 78-85.
Andinny, Y. (2008). Pengaruh konsep diri dan berpikir positif terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Formatif, 3(2), 126-135.
Anti, S. D. & Rozaini, N. (2017). Pengaruh motivasi belajar dan kepercayaan diri siswa terhadap prestasi belajar. Jurnal Niagawan, 6(2), 54-59.
Astuti, A. & Leonard. (2008). Peran kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Formatif, 2(2), 102-110.
Dalyono. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Yrama Widya.
Ghufron, M. N. & Rini, R. S. (2010). Teori -Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Gunawan, M. A. (2013). Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Pratama Publishing.
Hasbullah. (2012). Pengaruh komunikasi keluarga dan kemampuan awal IPA terhadap prestasi belajar IPA. Jurnal Formatif, 2(1), 45-57.
Januriastuti, T. E. (2017). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa pada SD Negeri Pulogebang 24 Pagi Jakarta Timur. Jurnal Pedagogik, 5(2), 65-76.
Khairudin, Putri, W. E., & Zuzano, F. (2013). Pengaruh kepercayaan diri siswa dalam belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Tilatang Kamang. Journal Systems, 2(1), 1-7.
Komara, I. B. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 33-42.
Lauster, P. (2012). Tes kepribadian. terjemahan D. H. Gulo: Bumi Aksara.
Lomu, L. & Widodo, S. A. (2016). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Formatif, 6(1), 35-43.
Mardatillah. (2010). Pengembangan Diri. STIE Balikpapan: Madani.
Mildawani, T. S. (2014). Membangun Kepercayaan Diri. Jakarta Timur: Lestari Kiranatama.
Ningsih, R. & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 73-84.
Norfai. (2021). Statistika Non-Parametrik untuk Bidang Kesehatan (Teoritis, Sistematis, dan Aplikatif). Jawa Tengah: Lakeisha.
Rakhmat, W. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: AV. Publishing.
Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sardin & Nurmita W. O. (2017). Pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 1 Batauga. Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 9(1), 1-80.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sudarmanto, G. R. (2013). Statistik Terapan Berbasis Komputer Dengan Program IBM SPSS Statistics 19. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi, U. S. (2008). Pengaruh adversity qoutient terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 3(1), 61-71.
Turmuzi, M. (2016). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Mataram: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram.
Vandini, I. (2015). Peran kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Formatif, 5(3), 210-219.
Yuliani, P. A. (2018). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMPN 8 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidian Universitas Mataram.
Zakarsyi, W., Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.