Miskonsepsi Pengukuran Sudut Segitiga Kelas IV SD: Kajian Literatul

  • nur amalia universitas nahdlatul ulama pasuruan
  • Roudlatul Hikmawati Universitas Nadhlatul Ulama Pasuruan
  • Inayatul Maula Universitas Nadhlatul Ulama Pasuruan
  • Uswatun Nadhiro Universitas Nadhlatul Ulama Pasuruan
  • Dewi Putri Siti Fatimah Universitas Nadhlatul Ulama Pasuruan
Keywords: miskonsepsi, pengukuran sudut, kajian literatur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang mungkin terjadi pada materi pengukuran sudut di kelas 4 Sekolah Dasar (SD). Melalui kajian literatur, kami menyelidiki berbagai sumber dan studi terkait untuk memahami kesalahan pemahaman yang mungkin dialami oleh siswa. Temuan dari literatur menyoroti beberapa area di mana miskonsepsi sering terjadi, serta strategi yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah ini. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang miskonsepsi yang umum terjadi dalam pengukuran sudut, diharapkan dapat dikembangkan pendekatan pembelajaran yang lebih efektif untuk membantu siswa memahami konsep tersebut dengan lebih baik.

References

Andini, D. (2012). Miskonsepsi Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar.

Awalia, Izomi, Aan Subhan Pamungkas, and Trian Pamungkas Alamsyah. "Pengembangan media pembelajaran animasi powtoon pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD." Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 10.1 (2019): 49-56.

Dzulfikar, Ahmad, and Ciptianingsari Ayu Vitantri. "Miskonsepsi matematika pada guru sekolah dasar." Suska Journal of Mathematics Education 3.1 (2017): 41-48.

Gradini, Ega. "Miskonsepsi dalam pembelajaran matematika sekolah dasar di dataran tinggi Gayo." Numeracy 3.2 (2016): 52-60.

Indrawati, Astriona. Miskonsepsi matematika bangun datar ditinjau dari gaya kognitif dan jenis kelamin siswa kelas 4 SDN Merjosari 3 Malang. Diss. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2020.

Ningsih, Ayuwati. "Pengembangan four-tier diagnostic test untuk mengidentifikasi miskonsepsi materi segitiga." Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika 6.1 (2022): 61-74.

Susilo, B.E; Sutarto, H; dan Mubarok, D. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Ruang dengan Model Proving Theorem, Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 170-176.

Wahyudi, Eis Putri. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Tema Cita-citaku Pokok Bahasan Sudut pada Segitiga dan Segiempat untuk Kelas IV SD." (2015).

Herlina, M. " Peningkatan Hasil Belajar Pengukuran Sudut Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Peserta Didik Kelas IV SD " Transformasi: Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar 2.2 (2022): 335-337.

Rahmi, Hanifa, N.S. Miskonsepsi Pada Pembelajaran Materi Bangun Datar Segitiga Kelas IV Sekolah Dasar. Diss. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2015.

Published
2024-03-31
Section
Articles