Implementasi Cooperative Learning Tipe Problem Posing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa
Abstract
Kualitas pendidikan menjadi kunci utama dalam menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten. Salah satu cara untuk memperoleh kualitas pendidikan yang memadai yaitu dengan meningkatkan hasil belajar kognitif. Cooperative learning tipe problem posing bisa menjadi alternatif pembelajaran yang mampu meningkatkan hal tersebut. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh pada mata kuliah Pemecahan Masalah Matematis dengan jumlah mahasiswa sebanyak 21 orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Data hasil belajar kognitif mahasiswa diperoleh dari hasil tes kognitif mahasiswa secara individu. Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh, 95,24% mahasiswa mencapai skor minimum dan dominan pada rentang 92-100 yang berarti memberi dampak pada hasil belajar kognitif mahasiswa. Untuk nilai perkembangan individu terlihat 12 dari 21 mahasiswa memperoleh nilai perkembangan 30, dapat dipahami bahwa terjadi peningkatan hasil belajar kognitif mahasiswa di setiap siklusnya. Pada nilai perkembangan kelompok, di siklus I terdapat 1 kelompok super dan di siklus II terdapat 3 kelompok super yang berarti bahwa peningkatan nilai individu memberi dampak pada peningkatan nilai perkembangan kelompok. Maka berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa cooperative learning tipe problem posing mampu meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa pada mata kuliah Pemecahan Masalah Matematis.
References
Anjani, I. E., Natalia, D., Suprima, S., Tarina, D. D. Y., Anam, A. K., & Lewoleba, K. K. (2023). Sosialisasi pentingnya pendidikan bagi generasi muda demi mewujudkan Indonesia emas 2045. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 322–331. https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.475
Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aulia, M. A., Wanto, S., & Ismahani, S. (2022). Integrasi pemikiran Lafran Pane dalam menyongsong Indonesia emas. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 6(2), 127–137. https://doi.org/10.22437/jssh.v6i2.22900
Baummans, L., & Rott, B. (2020). Rethinking problem-posing situations: A review. Investigations in Mathematics Learning, 13(2), 59-67. Htpps://doi.org/10.1080/19477503.2020.1841501
Dick, A. S., et.al. (2021). Meaningful associations in the adolescent brain cognitive development study. NeuroImage, 239(2021), 1-13. https://doi.org/10.1016/j.neuroimage.2021.118262
Effendi, D., & Wahidy, D. A. (2019). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 125–129.
Lestari, D. G., & Irawati, H. (2020). Literature review: Peningkatan hasil belajar kognitif dan motivasi siswa pada materi biologi melalui model pembelajaran guided inquiri. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(2), 51-59. Retrieved from https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/861
Mahmudi, A., Sulianto, J., & Listyarini, I. (2020). Hubungan perhatian orang tua terhadap hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 122–129. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24435
Ningtiyas, F. A. & Sinaga, N. A. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan two stay two stray untuk meningkatkan prestasi belajar matematika peserta didik. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 9-15. https://doi.org/10.35508/fractal.v3i2.8251
Polat, H & Ozkaya, M. (2023). The effect of problem posing-based active learning activities on problem-solving and posing performance: the case of fractions. Journal of Pedagogical Research, 7(1), 67-81. https://doi.org/10.33902/JPR.202317880
Puspa, C. I. S., dkk. (2023). Transformasi pendidikan abad 21 dalam merealisasikan sumber daya manusia unggul menuju indonesia emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309-3321. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5030
Qorimah, E. N., & Sutama, S. (2022). Studi literatur: Media augmented reality (AR) terhadap hasil belajar kognitif. Jurnal Basicedu, 6(2), 2055–2060. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2348
Sudarsono, S. (2023). Profil berpikir mahasiswa calon guru dalam mengajukan soal matematika berdasarkan taksonomi empirik ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 3(2), 182–192. https://doi.org/10.53299/jppi.v3i2.335
Wahyi, H., Turmuzi, M., Tyaningsih, R. Y., & Azmi, S. (2023). Pengaruh pendekatan problem posing terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Journal of Classroom Action Research, 5IspecialIssue), 315-325. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4696
Zaenab, S. (2015). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui pendekatan problem posing di kelas X IPA 1 SMA Negeri 9 Malang. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 90–97. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2451