Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model problem based learning pada pembelajaran materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Jonggat tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, berdesain quasi-eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Jonggat tahun ajaran 2023/2024, dipilih 2 kelas sebagai sampel yakni kelas eksperimen (n= 31) dan kelas kontrol (n=30) dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data meliputi tes tertulis dan observasi dan posttest. Data dianalisis dengan menggunakan uji prasyarat, uji hipotesis dan uji effect size. Analisis data diperoleh t_{hitung}=5,00>t_{tabel}=2,00 menunjukkan terdapat perbedaan nilai antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan diperoleh effect size d=1,28 artinya pengaruh tersebut tinggi. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Jonggat tahun ajaran 2022/2023. Oleh karena itu, model problem based learning hendaknya digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
References
Armana, Lasmawan, & Sriatha. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Jurnal Pendidikan IPS, 4(2),63-71.
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar. Jurnal Education and development, 8(2), 468-470.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Kalsum, U. (2023). Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Peserta Didik. Lombok Tengah. P4I.
Khadijah, I. N. A., Maya, R., Setiawan, W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik SMP Pada Materi Statistika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1095-1104.
Maspupuh. A., & Purnama. A. (2020). Analisis Kesulitan Peserta Didik MTS Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal pendidikan matematika, 4(1), 237-246.
Mayasari, A.., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21. JPFK, 2(1), 48-55.
Mente & Jazuli. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika.
Ode, I. M., Sudia, M., & Kodirun. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. 8(3), 365-378.
Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1), 114-121.
Safitri, F. N., Reffiane, F., & Subekti, E. E. (2020). Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha. 8(3), 492-498.
Sahidin, L., &Jamil, D. (2013). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Persepsi Peserta didik Tentang Cara Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika 4(2), 212-223.
Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis Logis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 1(1), 29-39.
Syahbana. A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. jurnal pendidikan matematika, 2(1), 52-57.