Pengaruh Gaya, Minat, Lingkungan, dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII UPTD SMP Negeri 5 Kupang dengan Menggunakan Path Analysis

  • Sya'ban Ahmad Universitas Nusa Cendana
  • Krisnandari Ekowati Universitas Nusa Cendana
  • Fransiska Atrik Halim Universitas Nusa Cendana
Keywords: Learning Style, Learning Interest, Learning Environment, Independent Learning, Mathematics Learning Achievement, Path Analysis

Abstract

The low learning achievement of students in class VIII UPTD SMP Negeri 5 Kupang in mathematics was the motivation for this research. The aim of this research is to ascertain whether learning style, learning interest, learning environment, and independent learning have a direct impact on mathematics learning achievement. Additionally, it seeks to ascertain whether learning style, learning interest, and learning environment have an indirect on mathematics learning achievement through independent learning. This type of research is quantitative research with survey method. This research was conducted at UPTD SMP Negeri 5 Kupang. The population in this research were all 8th grade students of UPTD SMP Negeri 5 Kupang in the 2023/2024 school year consisting of 10 classes. The sample taken was 2 classes consisting of 60 students using purposive sampling technique. Data collection techniques using questionnaires and documentation. The data analysis technique used is the classical assumption test and path analysis. The results of this research, namely (1) Learning style, learning interest, learning environment, and independent learning have a significant impact directly on mathematics learning achievement. (2) Learning style, learning interest, and learning environment have no significant indirect impact on mathematics learning achievement through independent learning.

References

Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 48-65. Tersedia di: https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.921. Diakses tanggal 22 Maret 2024.
Ardiansyah, M. (2021). Pengaruh Multimedia Interaktif, Gaya Belajar dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(3), 277-284. Tersedia di: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v5i3.7624. Diakses tanggal 20 September 2024.
Caraka, R. E., & Sugiarto, S. (2017). Path Analysis Terhadap Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Siswa. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 212-219. Tersedia di: https://doi.org/10.21831/amp.v5i2.10910. Diakses tanggal 12 Februari 2024.
Jannah, I. R. (2020). Hubungan Antara Prestasi Belajar Akidah Akhlak dengan Perilaku dalam Menghormati Guru oleh Siswa Kelas VIII Di MTS Sunan Ampel Siman Kepung Kediri. (Skripsi). Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Kediri, Kediri. Tersedia di: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3001. Diakses tanggal 23 Maret 2024.
Kurnia, A. (2022). Pengaruh Gaya Belajar (Visual, Auditori, dan Kinestetik) Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN Pekayon 10 Pagi. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta. Tersedia di: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/60929. Diakses tanggal 23 Maret 2024.
Laili, A. N. (2020). Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas X SMK Al-Khoiriyah Baron Tahun Pelajaran 2019/2020. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Kediri, Kediri. Tersedia di: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1639. Diakses tanggal 23 Maret 2024.
Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150-168. Tersedia di: https://dx.doi.org/10.24090/jk.v1i1.536. Diakses tanggal 3 Maret 2024.
Marlina, L., & Sholehun. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1), 66-74. Tersedia di: https://unimuda.e-journal.id/jurnalbahasaindonesia/article/view/952. Diakses tanggal 3 Maret 2024.
Murti, B. S. (2018). Kontribusi Minat dan Kreativitas Terhadap Kemandirian dan Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta. Tersedia di: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/64920. Diakses tanggal 9 September 2024.
Partono. (2016). Kontribusi Fasilitas Belajar, Minat Masuk Sekolah Kejuruan dan Lingkungan Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMKN 1 Jenar Sragen Tahun 2015/2016. (Tesis). Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta. Tersedia di: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/45044. Diakses tanggal 9 September 2024.
Riduwan & Kuncoro, E. A. (2014). Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.
Sarwono, J. (2012). Analisis Jalur Untuk Riset Skripsi. Bandung: Elexmedia Komputindo. Tersedia di: https://www.academia.edu/70087239. Diakses tanggal 3 Maret 2024.
Sibuea, M. F. L., dkk. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning)Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Logika Komputer. Journal of Science and Social Research, 5(3), 715-721. Tersedia di: http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR. Diakses tanggal 24 September 2024.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 35-43. Tersedia di: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750. Diakses tanggal 5 Maret 2024.
Published
2024-12-27