Studi Literatur : Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP

  • Irma Safira Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Literasi Numerasi, Pendidikan Matematika, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) dalam peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Literasi numerasi adalah kemampuan mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi berhitung dalam kehidupan sehari-hari dan kemampuan untuk menginterpretasikan informasi yang bersifat kuantitatif yang ada di lingkungan siswa. Dengan menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR), penelitian ini meninjau 13 artikel relevan yang membahas implementasi PBL dalam konteks pembelajaran matematika. Hasil analisis menunjukkan bahwa model PBL signifikan dalam meningkatkan literasi numerasi, karena mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam pemecahan masalah nyata, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan menerapkan pengetahuan matematika dalam situasi kehidupan sehari-hari. Siswa yang terlibat dalam pembelajaran berbasis masalah menunjukkan peningkatan partisipasi dan kemampuan analisis yang lebih baik. Temuan ini merekomendasikan penerapan yang lebih luas dari model PBL dalam kurikulum matematika untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan literasi numerasi di Indonesia.

References

Andini, F. S., Fuady, A., & Nursit, I. (2023). Eefktivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Matematika Peserta Didik Pada Materi Peluang Kelas VIII SMP Raden Fatah Batu. Jp3, 18(12), 1–12.

Awami, F., Yuhana, Y., & Nindiasari, H. (2022). Meningkatkkan Kemampuan Literasi Numerasi Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Self Confidence Siswa SMK. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 231–243. https://doi.org/10.30653/003.202282.236

Irfawandi Samad, & Nur, M. A. (2023). Kemampuan Literasi Numerasi Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 100–107. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3159

Marwiah, S., Aharani, I., & Simamora, Y. (2024). Pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan aplikasi mathway terhadap kemampuan literasi numerasi siswa MTs Darul Mukhlisin. Journal on Education, 6(1), 15544–15561.

Meliana, F. M., Herlina, S., Agus Dahlia, dan, & Artikel ABSTRAK, I. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Berbantuan Flip Pdf Professional pada Materi Peluang Kelas VIII SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 43–60. https://doi.org/10.35706/sjmev6ì1.5712

Moh Slamet Sutrimo, Sajdah, S. N., Sinambela, Y. V. F., & Bagas, R. (2024). Peningkatan literasi numerasi melalui model pembelajaran dan hubungannya dengan kemampuan self-efficacy: Systematic literatur review. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(1), 61–72. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.21650

Nuraini, F., Setiani, A., & Nurcahyono, N. A. (2024). Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 759–777. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2678

Sa, I., Goretty, M., & Utami, R. E. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas X DPIB 2. 07(01), 4930–4938.

Sanisah, S., Azwar, W., Wati, Y., Handayani, N. P., Tarsulu, R., Suciyati, M., Geografi, P., Mataram, U. M., & Muhammadiyah, U. (2024). Pengembangan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Pendekatan TaRL dalam Kegiatan Rumah Belajar KKN-Dik di Desa Mujur. 7(4), 7–11.

Sektiwulan, A. (2024). SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI Menurut hasil Programme for International Student Assessment ( PISA ) juga banyak negara , termasuk Indonesia , menghadapi tantangan dalam meningkatkan kemampuan. 16, 285–295.

Tabroni, I., Aswita, D., Hardiansyah, A., & Normanita, N. (2022). Peranan Model Pembelajaran Vygotski Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 486. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1013

Tedana, K., Tindangen, M., & Rosifah, D. (2024). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Dengan Strategi Model Pembelajaran Adaptasi Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL) Dan Kooperatif Menggunakan E-LKPD Berbasis HOTS Pada Peserta Didik Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Malinau. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 1(1), 28–36. https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i1.3323

Tyaningsih, R. Y., Kamarudin, Nurlailah, Pahlevi, R., Utama, R. S. P., & Fitriana, F. N. (2023). Efektivitas Model Project-Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa melalui Praktik Lesson Study di Sekolah. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 5(2), 243–252. https://doi.org/10.29303/jm.v5i2.6347

Wiyata, S., & Suwartini, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Numerasi Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3843. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6314

Published
2025-06-28
Section
Articles