Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbasis STEAM pada Siswa SMP

  • Suci Nandiah Puspandari UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Wiwin Astuti UIN Raden Mas Said Surakarta
Keywords: Analisis Kebutuhan, E-Modul, Pembelajaran Matematika, Pengembangan, STEAM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan dalam pengembangan e-modul matematika berbasis STEAM pada siswa SMP guna menambah sumber bahan ajar yang terbatas dan meningkatkan pemahaman serta motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix method). Data kuantitatif dikumpulkan melalui angket dan dokumen hasil belajar siswa, kemudian data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara guru matematika dan observasi proses pembelajaran. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui kebutuhan dan hasil belajar siswa, sementara data kualitatif digunakan untuk memperjelas dan memperdalam temuan kuantitatif. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa sebagian besar siswa merasa kesulitan dalam proses pembelajaran matematika, dengan 79,1% siswa memperoleh hasil belajar dalam kategori sedang (nilai antara 60-74). Selain itu, hasil angket menunjukkan bahwa 63,33% siswa menyatakan mengalami kesulitan belajar matematika, 100% siswa menyatakan guru dominan menggunakan metode ceramah. Sebanyak 90% siswa setuju dengan pengembangan e-modul berbasis STEAM, dan 83,33% tertarik untuk belajar menggunakan media tersebut. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pengembangan e-modul matematika yang berbasis STEAM pada siswa kelas VII. Pengembangan e-modul ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam mendorong kemandirian belajar siswa, meningkatkan motivasi belajar, serta mengembangkan kreativitas siswa.

References

Afriliziana, L. A., & Roza, Y. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan e-modul etnomatematika berbasis budaya melayu Kepulauan Riau. Jurnal Analisa, 7(2), 135–145. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index

Amara, P. V., & Prasetyo, D. A. B. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etno-Steam Pada Materi Bangun Datar Segi (hal. 435–442).

Astuti, W. (2022). PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS STEM UNTUK MENUNJANG KECAKAPAN ABAD 21. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, 31–41. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Azis, H., & Yulkifli. (2021). Preliminary research in the development of smartphone-based e-module learning materials using the ethno-STEM approach in 21st century education. Journal of Physics: Conference Series, 1876(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1876/1/012054

Ekasari, S. M., Chrisnawati, H. E., & Kurniawati, I. (2025). Pengembangan E-Modul Matematika Interaktif dengan Canva dan Flipping Book : Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Materi Geometri. 09(01), 149–163.

Hidayati, A., Saputra, A., & Efendi, R. (2020). Pengembangan E-Modul Berorientasi Strategi Flipped Classroom pada Pembelajaran Jaringan Komputer. Jurnal Resti (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 4(3), 429–437.

Khusna, M., & Febrianto, P. T. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbasis Flipped Classroom Di Sekolah Dasar. Hijri, 12(2), 144. https://doi.org/10.30821/hijri.v12i2.17633

Kosasih, B. D., & Jaelani, A. (2020). Desain Pembelajaran Mtk Berbasis Steam Abad 21. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FKIP UMP.

Maulida, M., Sari, P., & Purwanto, S. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat dengan Menggunakan Model Neutralization on a Number Line (NNL). Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 56–69. https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.131

Mu’minah, I. H. (2021). Studi Literatur: Pembelajaran Abad-21 Melalui Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 584–594.

Mulyadi, Syahrul, R., Atmazaki, & Agustina. (2020). The Development of E-Modules Based on Adobe Flash for Indonesian Subjects at IAIN Bukittinggi. Journal of Physics: Conference Series, 1471(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1471/1/012002

Mustakim. (2020). The Effectiveness of Mathematics Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.30595/alphamath.v8i2.13540

Nisa, A. H., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 14–25. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM Dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 1(2), 41–50. https://doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1508

Padwa, T. R., & Erdi, P. N. (2021). Penggunaan E-Modul Dengan Sistem Project Based Learning. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 21–25. https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.13

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Susantini, E., Puspitawati, R. P., Raharjo, & Suaidah, H. L. (2021). E-book of metacognitive learning strategies: design and implementation to activate student’s self-regulation. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 16(1). https://doi.org/10.1186/s41039-021-00161-z

Tambusai, A. R., & Rakhmawati, F. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematic) Pada Materi Segi Empat dan Segitiga. Euclid, 10(1), 213. https://doi.org/10.33603/e.v10i1.8529

Yuliyanto, R., Pujiati, P., Suroto, S., & Maydiantoro, A. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-modul Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 5(1), 74–84. https://doi.org/10.23960/e3j/v5i1.74-84

Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21.

Published
2025-06-20
Section
Articles