Pemodelan Graf Berarah Menggunakan Python untuk Pengelompokan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pra-Literasi
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan pendekatan yang lebih efisien dalam analisis dan pengelompokan siswa berdasarkan keterkaitan akademik. Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan graf berarah dalam pemodelan hubungan antar siswa menggunakan bahasa pemrograman Python, sehingga dapat meningkatkan efisiensi analisis keterkaitan pra-literasi. Metode yang digunakan meliputi studi literatur dan analisis berbasis komputasi dengan pustaka NetworkX untuk membangun graf serta Matplotlib untuk visualisasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa graf berarah yang dibangun dengan NetworkX dapat secara efektif merepresentasikan hubungan antar siswa dalam kelompok belajar. Visualisasi menggunakan Matplotlib memungkinkan identifikasi pola keterkaitan secara sistematis dan lebih intuitif dibandingkan pendekatan berbasis tabel. Selain itu, analisis graf mengungkap siswa yang memiliki peran sentral dalam kelompok, yang dapat menjadi dasar untuk pengelompokan yang lebih optimal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan graf dalam sistem pendidikan memberikan representasi visual yang lebih jelas dan informatif terhadap hubungan antar siswa. Pendekatan ini dapat menjadi referensi bagi pengelola pendidikan dalam meningkatkan efektivitas pengelompokan siswa dan perancangan strategi pembelajaran yang lebih adaptif
References
Arsyad, T. D., Dwi, M., Nababan, C., & Harliana, P. (2025). Implementasi Algoritma Djikstra dalam Mencari Rute Terpendek dari Universitas Negeri Medan ke Museum Negeri Sumatera Utara. Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 9(1), 235–242.
Buhaerah, Busrah, Z., & Sanjaya, H. (2022). Teori Graf dan Aplikasinya.
Christian Rufus, E., Rizkyaka Riyadi, R., Nugraha Hasibuan, D., Christian, E., & Handrianus Pranatawijaya, V. (2024). Penerapan Algoritma Djikstra dalam Menentukan Rute Terpendek untuk Jasa Pengiriman Barang di Palangkaraya. Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 8(3), 3387–3391.
Dwi Febrianti, B., Naufal Musyaafa, M., Rifail Azis, K., & Harliana, P. (2025). Implementasi Algoritma Ant Colony dalam Menentukan Rute Terpendek dari Johor ke Universitas Negeri Medan. Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 9(1), 243–249.
Halawa, S. P. P., Indra, Z., Hutagalung, F., & Hasibuan, N. L. (2024). Optimalisasi Rute Transportasi: Studi Kasus Algoritma Greedy Menggunakan Bahasa Pemrograman Pyhton. Jurnal Mutidisiplin Teknologi Dan Arsitektur , 2(2), 858–862.
Kusnanto, R., & Handoko, K. (2021). Penentuan Jarak Terdekat Wisata Kuliner Menggunakan Algoritma Djikstra. Jurnal Comasie, 4(5), 111–118.
Makalew, R., Montolalu, C., & Mananohas, M. (2020). Lintasan Hamiltonian pada Graf 4-Connected. Jurnal Matematika Dan Aplikasi , 9(2), 181–188. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/decartesian
Maulani, A., & Wulandari, D. (2023). Implementasi Pewarnaan Graf Pada Pengelompokan Siswa/i Rumah Belajar Azalea Dengan Algoritma Welch-Powell. Jurnal Siger Matematika, 04(02), 37–42.
Mubarak, A. (2023). Analisis Jaringan Sosial dengan Menggunakan Graf dan NetworkX. 1–5.
Pinandito, A., Kharisma, A. P., Akbar, M. A., & Saputra, M. C. (2024). Peningkatan Performa Komputasi Sistem Navigasi Transportasi Publik Pada Perangkat Bergerak Melalui Penerapan Teknik Kompresi Data dan Penyederhanaan Graf. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 11(6), 1185–1196. https://doi.org/10.25126/jtiik.2023108054
Simbolon, A. B., Artika, D. A., Sitanggang, Y. C., & Harliana, P. (2025). Implementasi Algoritma Djikstra dalam Menganalisis RuteTerpendek dan Efisiensi Jarak Tempuh dari Stasius Kereta Api Medan Menuju 6 Kampus di Area Medan Estate. Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 9(1), 162–168.
Sirait, L. T., Simanjuntak, H. S., Sinaga, M. C., Hijriyanti, P., Putra, O., Simamora, M., Putri, A., Dameria Sianturi, Y., & Haris, D. (2024). Penerapan Teori Graph untuk Meningkatkan Interaksi Siswa dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Diskusi di SMP Negeri 27 Medan. Journal on Education, 07(01), 7339–7349.
Wihartanti, A. R. (2022). Partisipasi Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar Pada Blended Learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 367–377. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2130
Yaqin, A., Setiyowati, D. F., Yuliandari, D., Ningsih, F. S., Fitriyah, L., Putri, M. A. A., Oktaviani, R. D., Aguzzawa, R. F., Ruliyani, & Fathoni, M. I. A. F. (2023). Penerapan Teori Graf pada Pengaturan Lampu Lalu Lintas di Perempatan Alun Alun Kota Bojonegoro. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika , 13(2), 125–136.