Pengaruh Kemampuan Numerik dan Spasial terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP

  • Juliyanti Juliyanti Universitas Mataram
  • Sudi Prayitno Universitas Mataram
  • Amrullah Amrullah Universitas Mataram
  • Ketut Sarjana Universitas Mataram
Keywords: numerical ability, spatial ability, mathematics study result

Abstract

This study aims to determine the effect of numerical and spatial ability on mathematics learning outcomes of students class VIII of SMPN 2 Labuapi. This types of research is ex post facto research with a quantitative approach. The population of this study was students of class VIII SMPN 2 Labuapi. In determining the sample, the probability sampling technique is used with the types of cluster random sampling. The sample in this study were students of class VIII-B SMPN 2 Labuapi totaling 30 people. The data collection techniques used were test and documentation. This research uses statistic descriptive statistical analysis techniques and inferential statistical analysis techniques. The result obtained indicate that there is an influence on numerical and spatial ability on the mathematics learning outcomes of class VIII students of SMPN 2 Labuapi with an effect of 76,6%.

Author Biographies

Juliyanti Juliyanti, Universitas Mataram

Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika

Sudi Prayitno, Universitas Mataram

Dosen Program Studi Pendidikan Matematika

Amrullah Amrullah, Universitas Mataram

Dosen Program Studi Pendidikan Matematika

Ketut Sarjana, Universitas Mataram

Dosen Program Studi Pendidikan Matematika

References

Achdiyat, M & Utomo, R. (2017). Kecerdasan visual-spasial, kemampuan numerik, dan prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, (Vol. 7(3), pp. 234- 245).

Gunur, B., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Hubungan antara kemampuan numerik dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di pedesaan. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, (Vol. 16(2), pp. 148-160).

Indrawati, F. (2013). Pengaruh kemampuan numerik dan cara belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Formatif, (Vol. 3(3), pp. 215-223).

Harmony, J & Theis, R. (2012). Pengaruh kemampuan spasial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP negeri 9 kota jambi. Jurnal Edumatica, (Vol. 2(1), pp. 11-19).

Inayah, S & Sugiarni, R. (2019). Pengaruh kemampuan spasial terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, (Vol. 5(2), pp. 130-142).

Irawan, A. (2014). Pengaruh kecerdasan numerik dan penguasaan konsep matematika terhadap kemampuan berpikir kritik matematika. Jurnal Formatif, (Vol. 4(1), pp. 46-55).

Irawan, A. (2016). Peranan kemampuan numerik dan verbal dalam berpikir kritis matematika pada tingkat sekolah menengah atas. AdMathEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, (Vol. 6(2), pp. 121-130).

Jayantika, N. T., Ardana, I. M., & Sudiarta, P. (2013). Kontribusi bakat numerik, kecerdasan spasial, dan kecerdasan logis matematis terhadap perstasi belajar matematika siswa SD negeri di kabupaten buleleng. Jurnal Jurusan Pendidikan Matematika Ganesha, (Vol. 2(1), pp. 1-12).

Misbahuddin & Hasan, I. (2014). Analisis data penelitian dengan statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Novitasari, D., Rahman, A., & Alimuddin. (2015). Profil kreativitas siswa dalam pemecahan masalah ditinjau dari kecerdasan visual spasial dan logis matematika pada siswa SMAN 3 makassar. Jurnal Daya Matematis, (Vol. 3(1), pp. 41-50).

Riwidikdo, H. (2010). Statistik untuk penelitian kesehatan dengan aplikasi program r dan spss. Yogyakarta: Pustaka Rihama.

Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Setyawan, D & Amir, A. (2020). Pengaruh kemampuan numerik terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik kelas VIII SMP negeri 11 maros baru. Equals, (Vol. 3(2), pp. 85-94).

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tambunan, S. M. (2006). Hubungan antara kemampuan spasial dengan prestasi belajar matematika. Jurnal Makara Sosial Humaniora, (Vol. 10(1), pp. 27-32).

Published
2021-09-30