Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa

  • Lilis Puspitasari Universitas Pekalongan
  • Rini Utami Universitas Pekalongan
Keywords: kemampuan pemahaman konsep matematika; resiliensi matematis; kemampuan penalaran matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematika dan resiliensi matematis terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas X di SMA Negeri 1 Wiradesa. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif berjenis penelitian ex post facto. Sampel diambil melalui teknik cluster random sampling, dengan jumlah 32 siswa dari kelas X7. Instrumen penelitian berupa tes dan angket. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dan berganda, setelah sebelumnya dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas, linearitas, heterokedastisitas, dan multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan pemahaman konsep matematika berpengaruh signifikan sebesar 34,4%; 2) resiliensi matematis berpengaruh signifikan terhadap kemampuan penalaran matematis sebesar 20,2%; dan 3) secara simultan, kemampuan pemahaman konsep matematika dan resiliensi matematis berpengaruh signifikan terhadap kemampuan penalaran matematis sebesar 42,8%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika dan resiliensi matematis berpengaruh signifikan terhadap kemampuan penalaran matematis siswa

References

Afifah, R. N., Patmawati, H., & Dewi, S. V. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Mengerjakan Soal Berbasis AKM ditinjau dari Resiliensi Matematis. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(1), 116–130.

Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827

Alifiahaqsya, R. A., Sadieda, L. U., & Lailiyah, S. (2025). Kajian Sistematik : Hubungan Kemampuan Berpikir Aljabar Dan Resiliensi Matematis. Proximal : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 152–161.

Bahar, E. E., Syamsuadi, A., Gaffar, A., & Syahri, A. A. (2020). Analisis Kemampuan Matematis dalam Menyelesaikan Soal PISA (Programme For International Student Assessment) pada Konten Kuantitas. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 260–276. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2327

Dela, R. M., & Niron, M. D. (2024). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru, Sarana Prasarana dan Budaya Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di SMPN Perbatasan Aruk, Sajingan Besar. Jurnal Pesona Indonesia, 1(1), 18–30.

Fazriansyah, M. F., Sirri, E. L., & Faturohman, I. (2025). Kontribusi Resiliensi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 310–319.

Fitriyani, N., Supriadi, N., & Ambarwati, R. (2024). Dampak Model EL-CPA Berbantuan Wall Chart Terhadap Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Penalaran Ditinjau dari Self Reward. NCoINS: National Conference of Islamic Natural Science, 4(1), 196–207.

Hajar, S., Sofiyan, & Amalia, R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan SoalOpen-Ended Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Jurnal Imiah Matematika Realistik (JI-MR), 7(2), 32–36. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1167

Hilaliyah, & Annisa, F. N. (2022). Pengaruh Penalaran Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(80), 125–133.

Kemendikbudristek. (2024). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2024 Tentang Standar Isi. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (p. 2). file:///D:/Downloads/Permendikbudristek Nomor 8 tahun 2024.pdf

Maesaroh, S., Sumarmo, U., & Hidayat, W. (2020). Mathematical Reasoning Ability and Resilience (Experiment With Senior High Students Using Inductive and Deductive Approach and Based On Student’s Cognitive Stage). JIML : Journal of Innovative Mathematics Learning, 3(3), 87–101. https://doi.org/10.22460/jiml.v3i3.p87-101

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM (C. I. Gunawan, K. Ni’mah, & V. R. Hidayati (eds.); Pertama). Malang: CV IRDH MALANG.

OECD. (2023). Pisa 2022 Results : The State of learning and Equity in Education (Vol. 1). Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714

Puspita, D. A., Anggoro, B. S., & Pratiwi, D. D. (2024). Riset Keterhubungan: Bagaimana Self Confidence dan Resiliensi Matematis Mempengaruhi Penalaran dan Kecerdasan Numerik Siswa. Jurnal Riset HOTS Pebdidikan Matematika, 4(September), 1174–1189. https://doi.org/https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i3.2066

Ramdan, M. G. A. R., & Lessa Roesdiana. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Teorema Phytagoras. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 386–395. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1996

Sari, E. W. (2023). Pengaruh Kemampuan Analisis Matematis, Kemampuan Pemahaman Kosnsep dan Disposisi Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Penalaran Peserta Didik (Vol. 1, Issue I). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sukaryo, A. F., & Marlina, R. (2022). Analisis Resiliensi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 3 Cikarang Selatan. Prosiding Sesiomadika, 179–188. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/7671%0Ahttps://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/download/7671/3732

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49

Utami, A. D., Suriyah, P., & Mayasari, N. (2020). Level Pemahaman Konsep Komposisi Fungsi Berdasar Taksonomi Solo (N. Falahia (ed.); 1st ed.). Purwokerto: CV Pena Persada.

Wardah, S. N., Suryadi, D., & Nurjanah. (2024). Systematic Literature Review : Analisis Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert Terhadap Kemampuan Matematis Siswa Matematika adalah mata pelajaran yang penting dipelajari kepada siswa mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 294–306. https://doi.org/10.31851/indiktita.v6i2.15395

Yani, V. P., Haryono, Y., & Lovia, L. (2022). Hubungan Pemahaman Konsep Matematis dengan Kemandirian Belajar Siswa pada Kelas VIII SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 439–448. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1118

Published
2025-07-17