Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Smart Apps Creator 3 untuk Meningkatkan Kolaborasi Peserta Didik Pada Materi Bangun Ruang
Abstract
Perkembangan kebutuhan pembelajaran abad ke-21 semakin menuntut inovasi dalam sistem pendidikan, khususnya pada pengembangan media yang mampu mendorong interaksi dan kolaborasi peserta didik. Namun, kenyataannya pembelajaran matematika di sekolah masih didominasi oleh pendekatan konvensional yang berpusat pada guru dan minim interaksi antar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Smart Apps Creator 3 (SAC 3) untuk meningkatkan kolaborasi peserta didik pada materi bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Islam Athirah Bukit Baruga. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan pendekatan deskriptif kuantitatif untuk mengukur kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis SAC 3 memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian, media ini dapat menjadi solusi inovatif dalam mendukung pembelajaran matematika yang kolaboratif dan menyenangkan, khususnya pada materi bangun ruang
References
Aditya, A. Y. (2024). Pengambangan Vidio Pembelajaran Berbantuan Renderforest Berbasis Kolaborasi. Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah Dan Pesantren, 3(02), 60–72. https://doi.org/10.56741/pbpsp.v3i02.583
Ananda, C., Zalaf, Y. A., Sari, S. G., & Hatta, U. B. (2025). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Siswa Disekolah Dasar. Jurnal Studi Multidisipliner, 9(1), 60–64.
Asmiyunda, A., Guspatni, & Azra, F. (2018). Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas XI SMA/ MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 155. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/202
Azizah, A. R. (2020). Penggunaan Smart Apps Creator (SAC) untuk mengajarkan global warming. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) Unesa, 4(2), 72–80.
Azizah, N. (2024). Pengembangan Keterampilan Abad 21 Melalui Pembelajaran Matematika Kurikulum Merdeka. ResearchGate, October.
Cao, Y. (2024). Students’ Collaborative Problem Solving in Mathematics Classrooms.
Ecoy, A. R., Laza, L. Q., & L.Teric, M. (2022). Increasing Academic Achievement in Solving Surface Area and Volume in Geometry Through Collaborative Learning. i, 1–23.
Fachmi, R. F. N., Suprapto, E., & Apriandi, D. (2022). Profil kemampuan 4C siswa pada pembelajaran matematika di SMPN 10 Madiun. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora, 1, 369–378.
Islawati, & Samsuddin, Y. B. (2024). Efektivitas Model Pjbl Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pada Perkuliahan Statistik Penelitian. 5(6), 7546–7557.
Jaiz, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Smart Apps Creator (SAC) Terintegrasi Keislaman pada Siswa Kelas IV SDN Kota Pekanbaru. (Master Thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). https://repositorio.ufsc.br/xmlui/bitstream/handle/123456789/167638/341506.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://repositorio.ufsm.br/bitstream/handle/1/8314/LOEBLEIN%2C LUCINEIA CARLA.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://antigo.mdr.gov.br/saneamento/proees
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2019). Cooperative learning:the foundation for Active learning. Intech, 8(1), 13.
Lowrie, T., & Emprin, F. (2024). Twenty-Sixth ICMI Study Advances in Geometry Education The Twenty-Sixth ICMI Study Advances in Geometry Education CONFERENCE.
Manurung, M. (2023). Peran Komunikasi Dan Kolaborasi Matematika Dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21. JPNM Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin, 1(4), 1–5. https://doi.org/10.59945/jpnm.v1i4.54
Mattoliang, L. A., Majid, A. F., Hasan, R., Baharuddin, B., & Nur, F. (2022). Development of Elementary Linear Algebra Learning Video Media in Islamic Context. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 13(1), 67–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v13i1.32954
Medina Herrera, L. M., Juárez Ordóñez, S., & Ruiz-Loza, S. (2024). Enhancing mathematical education with spatial visualization tools. Frontiers in Education, 9(February), 1–13. https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1229126
Muhaimin, M. R., & Zumrotun, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Smart Apps Creator pada Materi Satuan Ukuran Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(3), 1935–1950. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5753
Nurasih, Y. P., Wahyuni, I., & Leksono, S. M. (2020). Pengembangan Majalah Invertebrata sebagai Sumber Belajar Siswa SMA pada Subkonsep Invertebrata. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 87. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9886
Obagah, R. R., & Brisibe, W. G. (2017). The Effectiveness of Instructional Videos in Enhancing Learning Experience of Architecture Students in Design and Drawing Courses: A Case Study of Rivers State University, Port-Harcourt. International Journal of Education and Research, 5(11), 33–46. https://www.ijern.com/journal/2017/November-2017/04.pdf
Oktavia, A., & Darwanto. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Kemampuan Kolaborasi Siswa Kelas VII Mts Nurul Huda Madukoro. Jurnal Griya Cendikia, 9(2), 1–21.
Pratiwi, U. M., Novaliyosi, & Pujiastuti, H. (2024). Systematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Penyelesaian Soal Literasi Numerasi. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 16, 347–356.
Siahaan, M., Malau, A. D., Malau, V. R. R., Pardede, A. I., & Siagian, H. S. (2023). Pengaplikasi Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Di Smk Tri Sakti Lubuk Pakam. COMIUSER : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 50–56. https://doi.org/10.54066/jkb.v1i2.448
Sitanggang, H. I., Hutauruk, A. J. B., Sinaga, S. J., & Suarman, A. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Materi Persamaan Linear Di Kelas VII SMP Negeri 13 Medan. 3, 5049–5059.
Sudiarti, M., Siregar, S. N., & Susanto, E. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Smart Apps Creator 3 pada Materi Transformasi untuk Siswa Kelas IX SMP/MTs. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 899–912. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.2135
Sutomo, W. A. B., & Turmudi. (2024). Systematic Literature Review : Tren Penelitian Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Prosiding MAHASENDIKA III, 3 No 1, 491–505.
Sutrisno, L. T., & Hernawan, A. H. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi sebagai salah satu pemecahan masalah masih kurangnya keaktifan peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(1), 111–121. https://doi.org/10.22460/collase.v1i1.16192
Tarigan, J. C. B., Welani, E., Sipahutar, M. M., Mailani, E., & Ketaren, M. A. (2025). Pembelajaran Geometri di Sekolah Dasar. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 3(1), 184–188.
Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645.
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Yhudanti, S., & Hidayati, A. (2020). The Effect Of Collaborative Problem Solving Learning Models On Mathematical Learning Results Reviewed From The Ability Of Problem-Solving Of Class Vii. 7(1), 82–86.
Yusnita, N., Yunita, N., & Cinantya, C. (2024). Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License Journal of Elementary School Education Improving Cooperation and Critical Thinking Ability Using The “Be Smart” Model in Primary School Students. 2, 491–499.