Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Quizizz Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar menerapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Quizizz, model konvensional berbantuan Quizizz, dan model konvensional. Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep matematika siswa yang disebabkan oleh pembelajaran konvensional yang kurang interaktif. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain Post-test Only Control Group Design. Sampel terdiri dari tiga kelas XI di SMK Negeri 1 Warungasem yang dipilih menggunakan teknik Cluster Random Sampling, masing-masing memperoleh perlakuan berbeda. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematika berbentuk tes uraian yang terdiri dari 7 soal. Data dianalisis menggunakan ANAVA satu jalan dan uji lanjut (scheffe). Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antar kelompok. Model PBL berbantuan Quizizz memberikan hasil pemahaman konsep matematika tertinggi, disusul model konvensional berbantuan Quizizz, dan terakhir model konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model PBL berbantuan Quizizz lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.
References
Budiyono. (2016). Statistika untuk Penelitian Edisi-2 (2nd ed.). Surakarta:UNS Press.
Lider, G. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI Semester I SD Negeri 5 Sangsit. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 189–198.
Lubis, A. N., & Dewi, I. (2023). Penerapan Problem-Based Learning Berbantuan Edmodo untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI di SMA Negeri 11 Medan T.A. 2022/2023. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 562–579.
Megawati, K., Hasnawati, & Rahmad, P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem based learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67–76.
Meidianti, A., Kholifah, N., & Sari, N. I. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 134–144.
Nalman, A. R., Susanta, A., & Hanifah, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Journal on Education, 6(1), 12–24.
Nugrahani, K. P. E., Purbosari, P., & Sularmi. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Quizizz. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 72–78.
Pertiwi, F. A., Siswandari, & Sawiji, H. (2021). The Effectiveness of Problem Based Learning Asissted Quizizz Media to Improve Critical Thinking Skills. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 15(10), 1–9.
Pratama, M. P., Sripatmi, S., Salsabila, N. H., & Hikmah, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 9–17.
Rabbani, A., Suprihatin, T., Nusywari, W., & Hauli, Z. (2024). Penerapan Model Discovery Learning Terintegrasi TaRL untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(4), 3–5.
Rahmawati, D., & Adang, E. (2024). Model Problem Based Learning Berbantuan Quizizz Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. J-KIP, 5(3), 439–446.
Ruqoyyah, S., Murni, M., & Linda. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Resiliensi Matematika Dengan Vba Microsoft Excel (G. D. Septian Rahayu (ed.)). Purwakarta: Cv. Tre Alea Jacta Pedagogie.
Sattar, M. (2023). Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran di Tengah Pandemi pada Siswa Madrasah Aliyah As’adiyah Dapoko Kab Bantaeng Sulawesi Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran, 2(2), 1–6.
Septiani, L., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Berdasarkan Gaya Kognitif. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 1–5.
Sodiq, M., Mahfud, H., & Adi, F. P. (2021). Persepsi guru dan peserta didik terhadap penggunaan aplikasi berbasis web “quizizz” sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(5), 1–6.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sulistyarini, I., Walid, & Aditya, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model PBL dengan Pendekatan Teaching at The Right Level pada Materi Statistika Kelas X SMA Negeri 7 Semarang. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
Umam, M. A. K., Sukmanasa, E., & Pratiwi, I. E. (2025). Enhancing Student Learning Outcomes Through Quizizz- Supported Culturally Responsive Teaching in Problem-Based Learning. Journal Of General Education And Humanities, 4(2), 351–360.
Yulianah, L., Ni’mah, K., & Rahayu, D. V. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Berbantuan Media Schoology. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 39–45.