Learning Obstacle Berdasarkan Teori Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Materi Perbandingan

  • Saral Tri Asfiyantin Universitas Mataram
  • Sudi Prayitno Universitas Mataram
  • Laila Hayati Universitas Mataram
  • Sripatmi Universitas Mataram
Keywords: learning obstacle, teori Kastolan, keterampilan berpikir tingkat tinggi, perbandingan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan learning obstacle siswa kelas VII SMP Negeri 6 Mataram tahun ajaran 2024/2025 dalam menyelesaikan soal keterampilan berpikir tingkat tinggi (KBT) materi perbandingan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, dengan subjek 6 siswa kelas VII-A, masing-masing 2 siswa dari kategori KBT tinggi, sedang, dan rendah. Data diperoleh dari hasil tes KBT materi perbandingan dan wawancara, lalu dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan learning obstacle siswa dengan KBT kategori tinggi yakni dalam tahap konseptual 2%, prosedural 4%, dan teknik 4%; siswa dengan KBT kategori sedang dalam tahap konseptual 40%, prosedural 43%, dan teknik 5%; dan siswa dengan KBT kategori rendah dalam tahap konseptual 64%, prosedural 66%, dan teknik 5%. Learning obstacle siswa dengan KBT kategori tinggi berupa tidak mencantumkan informasi sebagai dasar pengambilan keputusan, tidak menuliskan langkah penyelesaian secara lengkap, dan kurang tepat dalam melakukan pembagian bilangan pecahan. Siswa dengan KBT kategori sedang cenderung kurang tepat dalam menentukan bukti sebagai dasar keputusan, membuat model atau strategi penyelesaian masalah, dan menghitung jarak. Adapun siswa dengan KBT kategori rendah tidak dapat menentukan hubungan antara tiap informasi, merancang model atau strategi penyelesaian masalah, serta melakukan pembagian bilangan desimal.

References

Agustina, N., Hayati, L., Kurniawan, E., & Kurniati, N. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Gunungsari Tahun Ajaran 2022/2023. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 451–464. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10621.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2023). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: A revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives (U. Juhrodin, Penerjemah). Sumedang: Jim-Zam Co. (Karya asli diterbitkan 2001).
Aulia, J., & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 484–500. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.441.
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2024). Permendikbudristek No. 12 Tahun 2024 Tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Raharti, A. D., & Yunianta, T. N. H. (2020). Identifikasi Kesalahan Matematika Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Kastolan. Journal of Honai Math, 3(1), 77–100. https://doi.org/10.30862/jhm.v3i1.114.
Riedesel, Schwartz, J. E., & Clements, D. H. (1996). Teaching Elementary School Mathematics. Amerika: A Simon & Schuster Company.
Batubara, M. A., Sianturi, W. S., Hasibuan, S. H., Indriani, R. B., Pasaribu, R. P., Mailani, E., & Ketaren, M. A. (2024). Hambatan Kognitif Siswa Sekolah Dasar dalam Memahami Konsep Kecepatan dan Debit. Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 2(5), 1–6. https://doi.org/10.62383/bilangan.v2i4.243.
Dina, Y. R., Hayati, L., Tyaningsih, R. Y., & Kurniati, N. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Metode Newman dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematis Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 544–550. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.264.
Fitriyah, I. M., Pristiwati, L. E., Sa’adah, R. Q., Nikmarocha, & Yanti, A. W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Koordinat Cartesius Menurut Teori Kastolan. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 109–122. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i2.1002.
Hansen, S. (2020). Investigasi Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Konstruksi. Jurnal Teknik Sipil, 27(3), 283–293. https://doi.org/10.5614/jts.2020.27.3.10.
Khalisa, N., Copriady, J., & Abdullah. (2023). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal HOTS Asam Basa Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 7(2), 7–16. https://doi.org/10.23887/jjpk.vi2.61845.
Lestari, S., Hayati, L., Tyaningsih, R. Y., & Sripatmi. (2024). Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Kelas VII MTs NW Senyiur Tahun Pelajaran 2023/2024. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika, 5(4), 7–16. https://doi.org/10.29303/geoscienceed.v5i4.486.
Lutfiyatun, E., & Haniefa, R. (2022). Pengembangan HOTS Online Assessment dengan Quizizz Berkarakter untuk Keterampilan Membaca Pemahaman. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 7(3), 181–191. https://doi.org/10.36722/sh.v7i3.1587.
Nuraeni, Y., Sukirwan, & Khaerunnisa, E. (2021). Analisis Learning Obstacle dalam Materi Hubungan Antar Sudut Siswa Kelas VII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 14(1), 73–87. https://doi.org/10.30870/jppm.v14i1.10478.
Nur’aini, J. P., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tipe Newman dalam Menyelesaikan Soal Eksponen pada Siswa Kelas X SMA At-Taubah Tirtamulya. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1065–1072. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1065-1072.
Prayitno, S., Amrullah, & Hayati, L. (2022). Analyzing Mathematics Prospective Teachers’ Ability for Higher-Order-Thinking Problem Posing. Proceedings of the 3rd Annual Conference of Education and Social Sciences (ACCESS 2021), 379–387. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-21-3_41.
Pribadi, V. C., & Apriyanto, M. T. (2022). Analisis Hambatan Belajar Siswa MTs Attahiriyah pada Materi Statistika dari Sudut Pandang Cara Mengajar Selama Pembelajaran Online. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 8(2), 143–154. https://doi.org/10.84022/sji.3ud8.
Sari, D. K. (2023). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Aljabar Boolean Berdasarkan Teori Kastolan. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 11(2), 237–247. https://doi.org/10.37905/euler.v11i2.22478.
Sari, N. M., & Nasution, E. Y. P. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa di Madrasah Tsanawiyah dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi SPLDV, AdMathEduSt, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.25078/hduw.
Sitanggang, D. Y., & Syahputra, E. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Memahami Konsep, Prinsip, dan Prosedur pada Soal-Soal Materi Garis dan Sudut. Journal of Student Research, 2(2), 31–46. https://doi.org/10.55606/jsr.v2i2.2752.
Solin, M. F. S., & Siregar, T. M. (2024). Pengembangan Soal Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) dengan Menggunakan Android untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas X SMA. Pedagogy, 9(1), 227–242. https://doi.org/10.36281/owj2w.
Sriati, K., Prayitno, S., Hikmah, N., & Hayati, L. (2021). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar Ditinjau dari Taksonomi SOLO. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 597–609. https://doi.org/10.12584/qj1lr.
Utami, L., Festiyed, Ilahi, D. P., Ratih, A., Lazulva, & Yenti, E. (2024). Analisis Indeks Aiken untuk Mengetahui Validitas Isi Instrumen Scientific Habits of Mind. Journal of Research and Education Chemistry, 6(1), 59. https://doi.org/10.25299/jrec.2024.vol6(1).17430.
Published
2025-07-08