Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Aljabar Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa Kelas VIII

  • Ummu Atiqah Universitas Mataram
  • Amrullah Amrullah Universitas Mataram
  • Ni Made Intan Kertiyani Universitas Mataram
Keywords: Keywords: Critical Thinking Abilites, Personality Types (Openness to experience, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, dan Neuroticisme)., Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Tipe Kepribadian (Openness to experience, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, dan Neuroticisme)

Abstract

Abstract

This research aims to describe the critical thinking abilities in algebra material as viewed from the personality types of eighth-grade students at SMPN 8 Mataram. This type of research uses a descriptive qualitative method. The instruments used include a personality type test, specifically the Big Five personality questionnaire, critical thinking ability tests, and interview guidelines. Data from ten subjects were chosen from a group of 68 students based on their respective personality types for in-depth interviews. The results of the research show that students with openness to experience and neuroticism personality traits have moderate critical thinking abilities. In this case, students are able to meet 2 or 3 indicators. Students with openness and neuroticism personality types tend to be dominant in the analysis and evaluation indicators, while they tend to score lower in the interpretation and inference indicators. Students with extraversion and agreeableness personality traits have moderate critical thinking abilities as well. In this case, students are able to meet 2 or 3 indicators. Students with extraversion and agreeableness types tend to be more dominant in the analysis, evaluation, and inference indicators but tend to score lower in the interpretation indicator. Furthermore, students with conscientiousness personality traits have high critical thinking abilities. In this case, students are able to meet 3 or 4 indicators. Students with conscientiousness tend to be dominant in the interpretation, analysis, and evaluation indicators, while they tend to score lower in the inference indicator.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis pada materi aljabar ditinjau dari tipe kepribadian siswa kelas VIII SMPN 8 Mataram. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa tes tipe kepribadian yaitu angket kepribadian big five, tes kemampuan berpikir kritis, dan pedoman wawancara. Dipilih data 10 subjek dari anggota 68 siswa berdasarkan masing-masing tipe kepribadian untuk dilakukan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkepribadian openness to experience dan neuroticisme memiliki kemampuan berpikir kritis sedang. Dalam hal ini, siswa mampu memenuhi 2 atau 3 indikator. Siswa dengan tipe kepribadian openness dan neuroticisme cenderung dominan dalam indikator analisis dan evaluasi, serta siswa cenderung rendah dalam indikator interpretasi dan inferensi. Siswa berkepribadian extraversion dan agreeableness memiliki kemampuan berpikir kritis sedang. Dalam hal ini, siswa mampu memenuhi 2 atau 3 indikator.  Siswa dengan tipe kepribadian extraversion dan agreeableness cenderung lebih dominan dalam indikator analisis, evaluasi, inferensi dan cenderung rendah dalam indikator interpretasi. Kemudian, siswa berkepribadian conscientiousness memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi. Dalam hal ini, siswa mampu memenuhi 3 atau 4 indikator. Siswa dengan tipe kepribadian conscientiousness cenderung dominan dalam indikator interpretasi, analisis dan evaluasi, serta cenderung rendah dalam indikator inferensi.

References

Agustina, L., Khamdani, Y., & Galatea, C. K. (2024). Analisis Komunikasi Matematis Siswa Kategori Rendah Ditinjau dari Tipe Kepribadian ISTJ. Kadikma, 15(1), 15-23. DOI: https://doi.org/10.19184/kdma.v15i1.48867

Albar, RA, Mohamed, AM, Albarazi, MA, McAleer, S., & Shaibah, HS. (2022). Interaksi antara ciri kepribadian dan strategi pembelajaran: mata rantai yang hilang. Kemajuan dalam Pendidikan Fisiologi, 46 (4), 637-646.

Darmawan, S. M., & Warmi, A. (2022). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa Madrasah Aliyah Kelas 12 pada materi statistika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 280-289. DOI: 10.31949/education. v 8i1.1980

Facione, P. (1990). Critical thinking: A statement of expert consensus for purposes of educational assessment and instruction (The Delphi Report).

Ghufron, M. N., & Risnawita, S. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Haryati, E., Hasmayni, B., Sugito, Prayudi, A., Anindya, D., A. (2024). Organizational Behavior. Padang: Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.

Hermanto, R. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Divergen Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Tipe Kepribadian Big Five. Jurnal Kongruen, 3(1), 62-69.

Hidayatullah, I., Agustiani, R., & Efriani, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal TIMSS Konten Geomteri Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 5(1), 44-55.

Ismayanti, W., Santosa, C. A. H. F., & Rafianti, I. (2022). Minat belajar, efikasi diri, dan kemampuan berpikir kritis berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 943-952. DOI:10.31949/ educatio. v 8i3.2847

Khishaaluhussaniyyati, M., Faiziyah, N., & Sari, C. K. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 10 SMK Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Barisan Dan Deret Aritmetika Ditinjau Dari SelfRegulated Learning. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 905-923. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2170

Kurniawan, E. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pokok Bilangan Pecahan Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 247-253. Doi: https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5756

Lestari, H. S., Damayanti, A. K. (2024). Psikologi Kepribadian (Jilid 1). Jawa Tengah: PT Nasya Expanding Management.

Mardliyah, S., Herman, T., Suhendra., S., & Febrianti, ED. (2024). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 9 (1), 121-132. https://dx.doi.org/10.25157/teorema.v9i1.13312.

McCrae, RR, & Costa Jr, PT. (1997). Personality Trait Structure as a Human Universal.American Psychologist, 52(5), 509.

Pratiwi, W. N. F., & Khotimah, R. P. (2016). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi himpunan di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rizqiani, A. S., Sridana, N., Junaidi, J., & Kurniati, N. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 232-239. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1138

Robbins, S. P., Judge, T. A. (2008). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Samin. (2023). Berpikir Kritis dengan Game Edukasi. Jawa Barat: CV. Mega Press Nusantara.

Setiawan, A., Muhammad, G. M., & Komala, E. (2022). Analisis Berpikir Kritis Matematiks Siswa Ditinjau Dari Big Five Personality. Jurnal Dimensi Matematika, 5(01), 407-413.

Ziarati, I., Hayati, L., Salsabila, N. H., & Turmuzi, M. (2022). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Bentuk Aljabar Di Kelas VII Mts Al-Aziziyah Putra Tahun Ajaran 2021/2022. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 1099-1116.

Published
2025-07-16