Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 7 Mataram menunjukkan perlunya solusi pembelajaran yang dapat meningkatkannya, sehingga tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 7 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain posttest-only control group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 7 Mataram tahun ajaran 2024/2025. Sampel diambil secara acak dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen dan VIII-B sebagai kelas kontrol, dengan jumlah 79 siswa. Perlakuan berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada kelas eksperimen, sedangkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair Share (TPS) pada kelas kontrol. Instrumen berupa tes uraian yang telah divalidasi. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji-t (independent sample t-test), dan effect size. Hasil menunjukkan nilai rata-rata posttest hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kontrol, yaitu 83,38 dan 72,18. Uji-t diperoleh , disertai effect size sebesar 0,94. Dengan demikian, model NHT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 7 Mataram.
References
Allathifah, A. U., Afghohani, A., & Wulandari, A. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran numbered head together (NHT) terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2), 164–171. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.13102
Dr. Aprido B. Simamora, M. P., Dr. Muktar B. Panjaitan, M. S., Dr. Andriono Manalu, M. P. (2024). Model-Pembelajaran-Kooperatif-Ebook aprido dkk.
Erwahyuni. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Pada Materi Himpunan. Strategy : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 3(1), 113–121. https://doi.org/10.51878/strategi.v3i1.2012
Eviliyanida. (2015). Model Pembelajaran Kooperatif. Visipena Journal, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.46244/visipena.v2i1.36
Hayati, S. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Pembelajaran Kooperatif.
Jahring, J. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Pada Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending dan Numbered Head Together. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 182–189. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2667
Jampel, I. N., Fahrurrozi, Artawan, G., Widiana, I. W., Parmiti, D. P., & Hellman, J. (2018). Studying natural science in elementary school using nos-oriented cooperative learning model with the NHT type. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 138–146. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.9863
Kemendikbudristek BSKAP. (2022). Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022.
Nourhasanah, F. Y., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5124–5129. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3050
Nurjannah, N., Sarjana, K., & Baidowi, B. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Numbered Head Together Dilihat dari Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 187–195. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.46
Nuryadi, Tutut Dewi Astuti, M. B. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Sibuku Media.
Prayitno, S. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Mataram: Duta Pustaka Ilmu Bersama Menyebar Ilmu.
Rahmawati, Baidowi, & Suntoko3, I. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii K SMPN 1 Mataram Tahun Ajaran 2023/2024. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 1(1), 21–28. https://doi.org/10.47165/jpin.v1i1.3
Setiawati, P., Prayitno, S., & Subarinah, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 2(2), 131–140. https://doi.org/10.29303/jm.v2i2.1671
Sugiyono, P. D. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. CV. ALFABETA.
Tia Vivi Muliandari, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132–140. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE
Wirenika, B. P. A., Baidowi, B., & Sridana, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Materi Aritmetika Sosial Kelas VII. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 224–231. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.32