Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Mataram

  • Muliyati Universitas Mataram
  • Arjudin Universitas Mataram
  • Syahrul Azmi Universitas Mataram
Keywords: model pembelajaran, ARIAS, hasil belajar, matematika

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 4 Mataram menunjukkan perlunya penerapan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif untuk meningkatkan hasil belajarnya. Salah satu alternatifnya adalah model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Mataram Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif menggunakan desain post-test only control group. Sampel dipilih melalui teknik cluster random sampling, yaitu kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.8 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat normalitas, homogenitas, uji-t, dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penerapan model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Mataram tahun ajaran 2024/2025.. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai thitung (3,23) >  ttabel (2,004) yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (82,31 > 72,71). Sehingga disimpulkan bahwa model ARIAS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan kategori sedang dan nilai keberartian sebesar 0,85.

References

Amin, & Sumendap, L. S. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Bekasi: Pusat Penerbitan LPPM.

Amri, S., Rahman, M., & Kurniati, U. A. (2014). Model Pembelajaran ARIAS ( Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Terintegratif : Dalam Teori Dan Praktik Untuk Menunjang Penerapan Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arjudin, Sripatmi, Prayitno, S., Tyaningsih, R. Y., & Triutami, T. W. (2022). Pelatihan Pengembangan Media Matematika Online Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Bagi Guru-Guru MI Al-Istiqomah Telagawaru Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat. Jurnal PEPADU 3(3), 412-421. Retrieved from https://journal.unram.ac.id/index.php/pepadu/article/view/1995

Ary, F., & Muaini. (2025). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VI SD Negeri Aik Berik Kabupaten Lombok Tengah Tahun Ajaran 2024/2025. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal) 6(2), 1008-1013. doi:https://doi.org/10.29303/Goescienceed.v6i2.729

Azmi, S., Sarjana, K., Junaidi, Tyaningsih, R. Y., & Wahidaturrahmi. (2021). Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Kreatif Bagi Guru Matematika SMP Se-Kota Mataram. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat I(II), 220-229. doi:https://doi.org/10.29303/rengganis.v1i2.99

Azmi, S., Soepriyanto, H., Arjudin, Wulandari, N. P., & Salsabila, N. H. (2024). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Kreatif Berbasis Lingkungan Pada Pembelajaran Materi Bilangan Bagi Guru-Guru SD Gugus IV Kecamatan Sekarbela. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(1), 192-204. doi:https://doi.org/10.29303/rengganis.v4i1.441

Baidowi, Hikmah, N., & Amrullah. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 13 Mataram Tahun Ajaran 2017/2018 Melalui Lesson Study. MANDALIKA (Mathematics and Educations Journal) 1(1), 1-12. doi:10.29303/jm.v1i1.537

Hikmah, N., Arjudin, A., & Hapipi, H. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 8(1). https://doi.org/10.29303/jpm.v8i1.59

Kurniati, N., Sripatmi, Baidowi, & Azmi, S. (2021). Pembelajaran Daring Kombinasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Aljabar Abstrak. Jurnal Pijar MIPA 16(3), 310-316. doi:10.29303/jpm.v16i3.2240

Pitriani, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interist, Assessment, Satisfaction) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Di SD Negeri 56 Kota Bengkulu (Skripsi, IAIN Bengkulu). Retrieved from http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6252

Rosidah, S. Z. (2020). Model Pembelajaran ROSIDAH Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Motivasi Belajar Siswa. Malang: Literasi Nusantara.

Setyowati, D., & Widana, I. W. (2016). Pengaruh Minat, Kepercayaan Diri, dan Kreatifitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal EMASAINS V(1), 66-72. doi: https://doi.org/10.59672/emasains.v5i1.21

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sripatmi, Sridana, N., Arjudin, Wulandari, N. P., & Lu'luilmaknun, U. (2022). Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Inovatif Bagi Guru Matematika SMP dan MTs di Kecamatan Labuapi Lombok Barat Melalui Kegiatan LSLC. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(2), 253-261. doi:https://doi.org/10.29303/rengganis.v2i2.262

Swandewi, A. R., Hairida, & Ifriany, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Arias Terhadap Hasil Belajar Dan Kepercayaan Diri Siswa Di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Katulistiwa (JPPK) 5(9), 1-12. doi:10.26418/jppk.v5i9.16605

Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 217-225. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21473

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Wulandari, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran ARIAS untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP pada Materi Pecahan. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia 5(2), 115-123. doi:10.26737/jpmi.v5i2.2020

Published
2025-07-17