Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Mengerjakan Soal Matematika Setara PISA Konten Bilangan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam mengerjakan soal matematika setara PISA konten bilangan. Analisis kemampuan penalaran matematis dilakukan berdasarkan empat konteks soal matematika PISA, yaitu konteks pribadi, sosial, ilmiah, dan pekerjaan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dan didapatkan kelas VIII SMP Negeri 1 Lembar tahun ajaran 2024/2025 sebagai subjek penelitian. Pendalaman hasil penelitian dilakukan dengan memilih 6 siswa dari setiap kategori kemampuan penalaran matematis, yaitu 2 siswa mewakili kemampuan penalaran matematis tinggi, 2 sedang, dan 2 rendah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes soal matematika setara PISA dan wawancara. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh: (i) siswa dengan kemampuan penalaran matematis tinggi mampu memenuhi keempat indikator penalaran matematis, (ii) siswa dengan kemampuan penalaran matematis sedang kurang dalam mengajukan dugaan, tetapi baik pada indikator lainnya, dan (iii) siswa dengan kemampuan rendah umumnya hanya mampu mengajukan dugaan, namun pada soal keempat mampu memenuhi tiga indikator penalaran matematis.
References
Asoraya, M.S. & Ruli, R.M. (2023) Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(03), 3053-3066. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2412
Azizah, R. F., Sunardi, & Kurniati, D. (2017). Penalaran Matematis dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Siswa Usia 15 Tahun di SMA Negeri 1 Jember. Jurnal Kadikma, 8(1), 97–104. https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v9i2.2508
Hadi, I., Subarinah, S., Tabita, W. T., & Hikmah, N. (2022) Analisis Kesalahan Penalaran Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan Ditinjau dari Gaya Belajar. Griya Journal of Mathematics Education and Aplication, 2(3), 612-622. https://doi.org/10.29303/griya.v2i3.216
Hidayatullah, M. S., Dewi. R.S., Thaibah, H., Larasaty, I., Simanjuntak, R., & Anggraini, M. (2024). Mengukur dan Memahami Penalaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Komojoyo Press.
Kemendikbud. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Tingkat Lanjut Fase F. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Kusumawardani, D. R., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 588-595. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/20201
Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Purwokerto: CV IRDH.
Mursilawati, N., Sripatmi, Baidowi, Kurniati, N. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII MTs. Al-Madani dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Aritmetika Sosial Tahun Pelajaran 2020/2021. Griya Journal of Mathematics Education and Aplication, 1(3), 359-369. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.81
Nabil, N.R., Wulandari, I., Yamtinah, S., Ariani, S.R.D. Ulfa, M. (2022). Analisis Indeks Aiken untuk Mengetahui Validitas Isi Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Berbasis Konteks Sains Kimia. Paedagogia: Jurnal Penelitian Pendidikan, 24(2), 184-191. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v25i2.64566
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. OECD Publishing. https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714
Oktaviana, V., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Aritmatika Sosial. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 377–385. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2040
Pranitasari, D. & Ratu, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika PISA pada Konten Change and Relationship. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1235-1248. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.2685
Prayitno, S. (2019). Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran Matematika. Mataram: Duta Pustaka Ilmu.
Salmia, Y. & Yulia, P. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita Materi Kelas VIII SMP. VENN: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences, 3(1), 11-19. https://doi.org/10.53696/2964-867X.124
Siahaya, J.A., Ayal, C.S., & Ngilawajan, D. A. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Persamaan Kuadrat. Science Map Journal, 3(1), 1-18. https://doi.org/10.30598/jmsvol3issue1pp1-18
Suciati & Subagyo, H. B. (2018). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Model PISA Konten Numerik Level 1 sampai 3. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 50–67. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/842
Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v4i1.323
Turmuzi, M. (2022). Teknik Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Penertbit KBM Indonesia.
Vebrian, R., Putra, Y. Y., Saraswati, S., & Wijaya, T. T. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Kontekstual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2602–2614. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4369
Zudib, I. A., Betahman, Samsuddin, A. F. 2024. Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 4, 1-10. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/4039