Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Suku Sasak Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) bernuansa etnomatematika suku Sasak terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Suralaga tahun ajaran 2024/2025. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes tertulis dalam bentuk soal uraian. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t dan uji effect size menggunakan rumus Cohen’s. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,25 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 69,50. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) bernuansa etnomatematika suku Sasak terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMPN 2 Suralaga Tahun Ajaran . Hasil uji effect size menunjukkan nilai d = 0,665, artinya pengaruh yang diberikan termasuk dalam kategori sedang.
References
Baidowi, Hikmah, N., & Amrullah. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 13 Mataram Tahun Ajaran 2017/2018 Melalui Lesson Study. MANDALIKA: Mathematics and Education Journal, 1(1), 1-12.
Damayanti, A. T., Pradana, B. E., & Putri, B. P. (2023, August). Literature Review: Problematika Kesiapan Guru Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka. In Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (Vol. 5, pp. 465-471).
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Sobri, M., Radiusman, R., & Widodo, A. (2020). Etnomatematika: Eksplorasi budaya sasak sebagai sumber belajar matematika Sekolah Dasar. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 5(1), 1-13.
Hendriyani, A. P., Ratnasari, I. D., Astrini, N. A. F. D., Verdianti, R., & Marhabani, Y. (2021). Studi Literatur Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SD. In Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (Vol. 3, pp. 151-155).
Kartini, K., Sridana, N., Turmuzi, M., & Baidowi, B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 226-232.
Layali, N. K., & Masri, M. (2020). Kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model treffinger di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 137-144.
Marzuki. (2024). Telaah Kurikulum. Jawa Barat: CV. Mega Press Nusantara
Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Purwokerto: CV IRDH Malang
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: The National Council of Teachers of Mathematics.
Nurhafizah, N., Sripatmi, S., Subarinah, S., & Hayati, L. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 1-10.
Qomaria, N., & Wulandari, A. Y. R. (2022). Etnomatematika Madura: Keraton sumenep sebagai sumber belajar matematika. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 76-89.
Rahma, T. T., & Sutami, S. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Realistik dengan Langkah Polya Pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1416-1426.
Royani, I., Novitasari, D., & Kurniati, N. (2023). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 58-65.
Rusman. (2010). Model-model Membelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Graha Grafindo Persada.
Sri Supiyati, S., Farida Hanum, H., & Jailani, J. (2019). Ethnomathematics in Sasaknese architecture. Journal on mathematics education, 10(1), 47-58
Sripatmi, S., Sridana, N., Arjudin, A., Wulandari, N. P., & Lu’luilmaknun, U. (2022). Pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran inovatif bagi guru matematika SMP dan MTs di kecamatan labuapi lombok barat melalui kegiatan LSLC. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 253-261.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: ALFABETA, CV.
Surahman, E., Soepriyanto, Y., Wedi, A., & Ulfa, S. (2024). Online Assessment Panduan Guru Sekolah Dasar. Lamongan: Academia Publication.
Syafitri, R. H., Kurniati, N., Novitasari, D., & Hayati, L. (2025). Pengaruh Model PBL dengan Konteks Budaya Sasambo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Research, 7(1), 119-124.
Turmuzi, M., Sudiarta, I. G. P., & Suharta, I. G. P. (2022). Systematic Literature Review: Etnomatematika Kearifan Lokal Budaya Sasak. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 397–413.
Wibowo, L. A., & Pardede, L. R. (2019). Peran guru dalam menggunakan model pembelajaran collaborative learning terhadap keaktifan siswa dalam belajar. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 201-208.
Wiguna, I., Arjudin, A., Hikmah, N., & Baidowi, B. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 550-558.
Wijayanti, A. T. (2016). Efektivitas Model CTL dan Model PBL Terhadap Hasil Belajar IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 112-124.