Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Montong Gading Tahun Ajaran 2024/2025
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan numerasi matematika siswa yang disebabkan oleh model pembelajaran yang diterapkan kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan numerasi matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Montong Gading tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu dengan posstest only control design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VIII-C sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (81,3) lebih tinggi dibandigkan dengan kelas kontrol (74,2) . Berdasarkan perhitungan uji-t menggunakan SPSS dengan tingkat signifikansi 5% diperoleh nilai t_hitung=2,627 > t_tabel=2,00172 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan numerasi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Selain itu, hasil uji effect size menunjukkan nilai d=0,68 yang termasuk dalam kategori sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan numerasi matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Montong Gading.
References
Ali, N. N., & Ni’mah, K. (2023). Soal Geometri Pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi. 4(2), 267–274.
Amal, I., & Nindiasari, H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Berbantuan Video Animasi terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 16(1), 2746–7503. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma
Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2857–2868. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.829
Anisah, Kurniati, N., Triutami, T. W., & Azmi, S. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadaphasil Belajarmatematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Mataram Tahun Ajaran 2024/2025. 09, 334–345.
Awal, I. J., Kadir, & Saleh. (2024). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP. 12(2), 167–180.
Dewi, R. R., Suresman, E., & Suabuana, C. (2021). Pendidikan Karakter Mandiri Melalui Blended Learning Di Sekolah Menengah Pertama. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(1). https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i1.7846
Diastuti, I. M. (2021). Metode Pbl Melalui Media Marquee Berbasis Hots. CV. Pustaka Djati.
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334–341. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.58
Jayantika, I. G. A. N. T., Parmithi, N., & Purwaningsih, D. N. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kecemasan dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 276–287.
Junaidi, J., & Pratikno, A. S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Numerasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 2034–2042. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7587
Mustaffa, N., Ismail, Z., Tasir, Z., & Said, M. N. H. M. (2016). The Impacts of Implementing Problem-Based Learning (PBL) in Mathematics: A Review of Literature. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 6(12), 490–503. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v6-i12/2513
Ningsih, A. K., Permatasari, D., & Dayu, K. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPAS Materi Indonesiaku Kaya Raya Kelas 5 SD. 7, 161–169.
Novitasari, D., Humaira Salsabila, N., Amrullah, A., Azmi, S., & Hikmah, N. (2024). Analisis Kemampuan Numerasi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 6(1), 329–340. https://doi.org/10.29303/jm.v6i1.7259
Nurzazili, N., Irma, A., & Rahmi, D. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Sma Negeri 10 Pekanbaru. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 172–179. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.43
Panie, R. P. S., Kurniati, N., & Kurniawan, E. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN 8 Mataram Kelas VII Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1065–1073. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1419
Portuna, I. S., Widiati, I., Nofriyandi, & Indriat, M. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Numerasi Siswa SMP The Influence of Ethnomathematics-Based Problem-Based Learning ( PBL ) Model on the Numeracy Skills of Junior High School Students Salah satu pende. 10(1). https://doi.org/10.56013/axi.v10i1.3691
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif instrumen Penelitian (panduan peneliti, mahasiswa, dan psikometrian).
Utami, L., Festiyed, Dian Purnama Ilahi, Arista Ratih, Elvi yenti, & Lazulva. (2024). Analisis Indeks Aiken Untuk Mengetahui Validitas Isi Instrumen Scinetific Habbits of Mind. Journal of Research and Education Chemistry, 6(1), 59. https://doi.org/10.25299/jrec.2024.vol6(1).17430
Wiguna, I., Arjudin, A., Hikmah, N., & Baidowi, B. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 550–558. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.105
Zulkarnain, M. A., Syaiful, & Suratno. (2023). Using learning models problem based learning to improve students’ mathematical critical thinking skills. 6(2), 153–162. https://doi.org/10.24042/djm
Zulva, M., Turmuzi, M., & Saputra, H. H. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Si Bula (Stik Bilangan Bulat) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Kelas IV SDN 18 Cakranegara Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 812–820. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.627