Analisis Tantangan, Peluang serta Implikasi Perbankan Digital terhadap Program Penjaminan Simpanan oleh LPS
Abstract
Dewasa ini, teknologi informasi berkembang sangat cepat diberbagai bidang layanan salah satunya pada industri perbankan. Saat ini banyak bermunculan perbankan digital yang menawarkan berbagai fitur menarik dan kemudahannya. Namun tak dapat dipungkiri tingkat kepercayaan masyarakat masih terhitung besar pada perbankan konvensional dibandingkan perbankan digital. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) merupakan lembaga negara dengan status berbadan hukum yang independen, transparan dan akuntabel yang berfungsi menjamin simpanan nasabah penyimpan serta turut berperan aktif dalam memelihara stabilitas sistem perbankan sesuai dengan kewenangannya. Dengan adanya LPS diharapkan dapat memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap sektor keuangan dan tidak khawatir untuk menyimpan uangnya di perbankan. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui tantangan dan peluang perbankan digital serta implikasinya terhadap program penjaminan simpanan oleh LPS.
References
Aisyah, M. (2018). Islamic Bank Service Quality and Its Impact on Indonesian Customers Satisfaction and Loyalty. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 10(2). https://doi.org/10.15408/aiq.v10i2.7135
Akdag, H.C. & Zineldin, M. (2011). Strategic Positioning and Quality Determinants in Banking Service. TQM Journal. 23(4): 446–457. https://doi.org/10.1108/17542731111139518
Anggraeni, R., Hapsari, R., & Muslim, N. A. (2021). Examining Factors Influencing Consumers Intention and Usage of Digital Banking: Evidence from Indonesian Digital Banking Customers. Asia Pacific Management and Business Application, 9(3): 193-210. https://doi.org/10.21776/ub.apmba.2021.009.03.1
Aribowo, F. (2021). Analisis Penerapan Metode Resolusi Bank dalam Tinjauan Akuntansi Keuangan di Indonesia. Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH). 1(12): 1.683-1.688
Harahap, E. F., Arimbawa, I.G., Sucandrawati, N.L., Nurdiani, T.W. & Anantadjaya, S.P. (2023). Digital Bank Transformation: A Content Analysis of SEABank. Jurnal Komunikasi Profesional. 7 (3): 383-395. http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp.
Kartika, D. (2020). Efektifitas Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dalam Menjalankan Fungsinya di Indonesia. Adzkiya : Jurnal Hukum dan Ekonomi Syariah. 8 (02): 251-264. https://doi.org/10.32332/adzkiya.v8i02.2073
Katircioglu, S. T., Tumer, M. & Kılınç, C. (2011). Bank Selection Criteria in the Banking Industry: An Empirical Investigation from Customers in Romanian Cities. African Journal of Business Management 5(14): 5551–5558. https://doi.org/10.5897/AJBM11.408
Mohan, M.M, Kumar, T.H., & Rao, P.N. (2021). Factors Influencing Customers to Use Digital Banking Services in Twin Cities of Telangana State". Nat. Volatiles & Essent. Oils. 8(4): 10560-10573. https://www.nveo.org/index.php/journal/article/view/2172
Mufarih, M., Jayadi, R., & Sugandi, Y. (2020). Factors Influencing Customers to Use Digital Banking Application in Yogyakarta, Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business. 7(10): 897-908. https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no10.897
Nguyen, O.T. (2020). Factors Affecting the Intention to Use Digital Banking in Vietnam". Journal of Asian Finance, Economics and Business. 7(3): 303-310.
Pavithra, C. B., & Geetha, K. (2021). Factors Affecting Customers’ Perception Towards Digital Banking Services. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education. 12 (11): 1608-1614. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i11.6091
Rabah, A. R., Shakeab, K.D.A., (2023). Analisis Tantangan, Peluang serta Implikasi Perbankan Digital terhadap Program Penjaminan Simpanan oleh LPS. Lex Renaissance. 8(1): 129-146. https://doi.org/10.20885/JLR.vol8.iss1.art8
Ramayuda, S. & Fasa, M. I. (2024). Analisis Peluang dan Tantangan Perbankan Syariah di Era Digital dalam Persepektif Generasi Z. JURNAL MEDIA AKADEMIK (JMA). 2 (11).
Siska, E. (2022). Exploring the Essential Factors on Digital Islamic Banking Adoption in Indonesia: A Literature Review. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. 8(01): 124-130. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4090
Usman, H. (2015). Comparison of the Importance of Banks’ Attributes between Islamic and Conventional Banks’ Customers. East Asian Journal of Business Management. 5(2): 5–13.