Gaya Belajar yang Berpengaruh Terhadap Kemampuan Literasi Matematika: Literatur Review

  • Meiliza Erfa Rahim Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram
  • M. Abdul Gani Mahasiswa Penddidikan Matematika FKIP Universitas Mataram
  • Mulya Lestari Mahasiswa Penddidikan Matematika FKIP Universitas Mataram
  • Mutmainnah Mutmainnah Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram
Keywords: Learning Style, Mathematical Literacy Ability, Gaya Belajar, Kemampuan Literasi Matematika, Mathematical Literacy, Literasi Matematika

Abstract

Mathematic literacy is important because mathematics is a subject that are often considered difficult by most students. Learning styles is one of the factors affecting students' mathematical literacy ability. Different learning styles can influence how a person understands and remembers information. This study aims to conduct a literature review related to the learning style to the students' mathematical literacy ability. The research method used in this study is the SLR (literature review) method. Data collection is conducted by identifying or studying all articles that have the same research topic in the study. The articles used in this study were 20 journal articles obtained from the Google Scholar database by using a Harzing's Publish or Perish application. The result of this study revealed that the learning style to the students' mathematical literacy ability is informed that it is discovered in a variety of learning styles that are dominated by visual, auditory, and kinesthetic learning styles so that students in real life can use their mathematical skills to identify, interpret, and utilize the resources of daily life appropriately.

Abstrak

Literasi matematika menjadi hal yang penting karena matematika merupakan mata pelajaran yang sering dianggap sulit oleh sebagian besar siswa. Adapun gaya belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi matematika siswa. Gaya belajar yang berbeda dapat mempengaruhi cara seseorang memahami dan mengingat informasi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literature review terkait dengan gaya belajar terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi atau menelaah semua artikel yang memiliki topik penelitian yang sama pada penelitian ini. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 20 artikel jurnal yang diperoleh dari database google scholar dengan menggunakan aplikasi Harzing’s Publish or Perish. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa gaya belajar yang berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematika siswa diperoleh informasi bahwasanya ditemukan berbagai bentuk gaya belajar yang dalam hal ini didominasi oleh gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik agar siswa dikehidupan nyata dapat menggunakan keterampilan matematikanya untuk mengenali, menafsirkan, dan menggunakan sumber daya di kehidupan sehari-hari dengan tepat.

References

Ahyansyah, A. (2019). Kemampuan literasi matematika siswa sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala, 78-87.

Amaliya, I., & Fathurohman, I. (2022). Analisis kemampuan literasi matematika ditinjau dari gaya belajar siswa SDN Mangunjiwan 1 Demak. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 5(1), 45-56.

Anisa, M., Wardono, W., & Asih, T. S. N. (2020). Literasi Matematika PISA Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran CPS Berbantuan GC. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 3(1), 1046-1050.

Bansilal, S., & Mkhwanazi, T. W. (2014). Mathematical Literacy teachers' engagement with contextualised income tax calculations. Pythagoras, 35(2), 1-10. https://doi.org/10.4102/pythagoras.v35i2.246

Berek, M. I., Sumartono, S., & Prastiwi, L. (2023). Profil literasi matematika siswadalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 2(2), 485-490. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i2.603

Chasanah, A. N., Wicaksono, A. B., Nurtsaniyah, S., & Utami, R. N. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Inferensial Ditinjau dari Gaya Belajar. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 45-56.

Edimuslim, E., Edriati, S., & Mardiyah, A. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 95-110.

Hamidah, A. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa ditinjau dari Gaya Belajar. CENDEKIA, 10(02), 157-162.

Himmi, N., Supiati, P., & Husna, A. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Visual. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 13-22. https://doi.org/10.30736/voj.v4i1.437

Khusniyah, N., Rahmawati, A., & Rohmatin, D. N. (2022). Profil kemampuan literasi matematika ditinjau dari gaya belajar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(6), 1689-1702.

Kore, A., & Tauran, S. F. (2022). Analisis literasi matematika siswa SMP pada materi aritmatika sosial berdasarkan gaya belajar. Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 63-72. https://doi.org/10.32665/james.v5i1.376

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Daring. Jurnal PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset IlmuSains, 1(1), 1-13.

Nurkamilah, M., Nugraha, M. F., & Sunendar, A. (2018). Mengembangkan literasi matematika siswa sekolah dasar melalui pembelajaran matematika realistik Indonesia. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 2(2), 70-79.

OECD. (2014). PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do – Student Performance in Mathematics, Reading and Science (Volume 1, Revised edition, February 2014). Paris: PISA-OECD Publishing.

Priyatna, A. (2013). Pahami Gaya Belajar Anak. Jakarta: PT. Elex Media Kompurindo.

Resza, F. D., & Azmy, B. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V dengan Gaya Belajar Visual di SDN Keboananom. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 231-240.

Rismen, S., Putri, W., & Jufri, L. H. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 348-364.

Rosidi, A. A., Nimah, M., & Rahayu, E. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3303-3315.

Sari, D. U. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidik Indonesia, 3(2), 1-11.

Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik lewat literasi untuk pendidikan berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(02), 154-163.

Sulistyowati, F., Istiqomah, I., Kusumaningrum, B., Kuncoro, K. S., Pramudianti, T., & Usman, A. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dengan Gaya Belajar Kinestetik. FRAKTAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 53-62.

Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222-240. http://dx.doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.121

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63-77. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916

Trisnaningtyas, N. O., & Khotimah, R. P. (2022). Analisis kemampuan literasi matematis dalam menyelesaikan soal AKM ditinjau dari gaya belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2714-2724. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5662

Wahyuni, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5840-5849.

Yustitia, V., & Juniarso, T. (2019). Literasi matematika mahasiswa dengan gaya belajar visual. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 9(2), 100-109.

Zubaidah, S. (2019. STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan abad ke-21. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September 2019, 1-18.

Published
2023-06-30
Section
Articles