Pemanfaatan Ispring Quizmaker sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android

  • Febronia Apolonia Langobelen Universitas Nusa Cendana
  • Irna Karlina Sensiana Blegur Universitas Nusa Cendana
  • Siprianus Suban Garak Universitas Nusa Cendana
Keywords: android, ispring quizmaker, instructional media

Abstract

Pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran merupakan tujuan utama dari proses pembelajaran yang berlangsung di kelas. Berdasarkan tujuan tersebut, maka dalam pembelajarannya sangat diperlukan kreatifitas dari pendidik untuk dapat meningkatkan minat serta motivasi siswa untuk belajar. Terlebih di era modern saat ini dimana guru dituntut agar dapat meningkatkan kemampuannya untuk memanfaatkan berbagai teknologi dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran berbasis android merupakan salah satu cara yang tepat sebagai alat bantu teknologi dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. Artikel ini merupakan study literature yang membahas tentang pemanfaatan media pembelajaran matematika berbasis android dengan menggunakan software ispring quizmaker untuk membuat soal latihan dan evaluasi yang modern, menarik dan interaktif.  Ispring quizmaker merupakan software yang terintegrasi pada powerpoint yang kemudian dapat diekspor ke dalam bentuk HTML dan dapat diakses melalui android. Lebih lanjut, terkait bagaimana desain media pembelajaran berbasis aplikasi android ini dapat memfasilitasi hasil belajar matematika siswa juga akan dibahas dalam artikel ini.

References

Akmalia, F., & Syihabuddin. (2020). Pemanfaatan Ispring Suite Quizmaker Untuk Pembuatan Soal-soal Bahasa Arab. 2(04), 61–65. 1
Bana, R. E., Ekowati, C. K., & Blegur, I. K. S. . (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android dan Ispring pada Materi Barisan dan Deret. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 5(1), 41–56. Retrieved from https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/MANDALIKA/article/view/5105
Blegur, I. K. S. (2021). Kritik Sebaran F Berbantuan Program Matlab. 2(1).
Blegur, I. K. S. (2022). Pendapat Mahasiswa Pendidikan Matematika Tentang Pembelajaran Online Dengan Menggunakan Pen Tablet Dan Aplikasi OneNote? Haumeni Journal of Education, 2(1), 176–186.
Blegur, I. K. S., Oktaviani, K. N., & Retnowati, E. (2017). Apakah Strategi Goal-Free Dapat Memfasilitasi Literasi Matematika Siswa ? 359–364.
Cahyanti, A. D., Farida, F., & Rakhmawati, R. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Berupa Tes Online/Offline Matematika dengan Ispring Suite 8. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 363–371. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4362
Fatha Pringgar, R., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Siswa. Jurnal IT-EDU, 05(01), 317–329.
Handayani, D., & Rahayu, D. V. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Ispring Dan Apk Builder Untuk Pembelajaran Matematika Kelas X Materi Proyeksi Vektor. M A T H L I N E Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 12–25. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.126
Himmah, F., & Martini. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Ispring Suite 8 Pada Sub Materi Zat Aditif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smp Kelas Viii. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 5(02), 73–82.
Husaini, M. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan. Auditing: A Journal of Practice & Theory, 2(2), 141–147.
Jamilah, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Ispring Presenter Pada Materi Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas V MI Tarbiyatul Athfal Lampung Timur. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 141–154.
Julianti, M., & Arwin, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Powerpoint Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran TematikTerpaduKelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 888–896. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3477
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467
Mudrikah, S., Kusmuriyanto, & Kardiyem. (2021). Upaya Menumbuhkan Budaya Paperless Melalui Pemanfaatan Ispring Quiz Maker di SMK YPPM Boja. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 89–99.
Oduntan, O. E., Ojuawo, O. O., & Oduntan, E. a. (2015). A Comparative Analysis of Student Performance in Paper Pencil Test (PPT) and Computer Based Test (CBT) Examination System. Research Journal of Educational Studies and Review, 1(1), 24–29. http://www.pearlresearchjournals.org/journals/rjesr/archive/2015/April/Abstract/Oduntan
Purnama Sari, M., & Ridwan, R. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran IPA Kelas IX Di SMP Negeri 5 Panyabungan. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(2), 216–223. https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i2.3660
Saputra, D. A. (2018). The Implementation of Audio-Visual Learning Media Based on Ispring Quizmaker on Thematic Learning Materials About Heroes to Improve Fourth Grade Students’ Activities and Learning Outcomes. 212, 646–648. https://doi.org/10.2991/icei-18.2018.143
Published
2023-06-29
Section
Articles