Analisis Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjua Dari Kemampuan Awal Siswa
Abstract
This research is a quantitative study which is systematic literature review (SLR) method which can produce whether there is an influence between mathematical ability and creativity. This research use 20 articels. The purpose of this study is to describe creativity that influences the development of students in overcoming difficulties in problem solving activities. The results of the study were founs to show students’ creativity, namely fluency, flexibelty, novelty and elaboration.
References
Aini, I. N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Berdasarkan Pengetahuan Awal Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 2.
Atih, A., D. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence ditinjau dari kemandirian belajar siswa.
Diyah Ayu Wulandari, 2. S. (2019). Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3.
Evie, D.W.A. (2020). Kemampuan berpikir kreatif matematis dalam penyelesaian soal open-ended jenis PISA berdasarkan level sekolah. : Jurnal Pendidikan Matematika, 15.
Fardah, D. K. (n.d.). Analisis Proses dan kemampuan Berfikir Kreatif Siswa dalam matematika Melalui Tugas Open-Ended. Jurnal Kreano, 3.
Febrianingsih, F. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11.
Indriana, A. F. (2021). Identifikasi Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penyelesaian Masalah Matematika dengan Tipe Soal Open-Ended. Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 5.
Jagom, Y. O. (2015). Kreativitas Siswa SMP dalam menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Gaya Belajar Visual-Spatial dan Auditory-Sequential (Vol. 1). 2015.
Laduni, M. (2017). Kreativitas Siswa Smp dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terbuka Ditinjau Dari Kemampuan Matematika.
Lisda R.D. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Geometri Ruang. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6.
Masita Ulil Syahara, E. P. (2021). Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV ditinjau dari Kemampuan Matematika.
Muhammad, A.H (n.d.). Pengaruh Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.
Qomariyah, D. N. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi Eksplorasi Siswa Di Smpn 62 Surabaya. Pendidikan Sains,
Siti Rahmatina, U. S. (n.d.). Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Didaktik Matematika, 1.
Subur, J. (n.d.). Analisis Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika di Kelas.
Suherman. (2015). Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Jurnal Pendidikan Matematika.
Suparman, T. (n.d.). Analisis Kemampuan Beripikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Journal On Education, 1.
Susi, S. (2021). Analisis Minat Dan Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep Dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran Dalam Jaringan. Jurnal Pendidikan Matematika.
U.S., S. (n.d.). Peran Berpikir Kreatif Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif.
Yoshe Larissa Ulfa, d. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Jarak pada Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Matematika, 11.