Kecemasan Matematika Siswa dalam Pembelajaran

  • Siti Ashari Arbiah Harahap UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Vebi Radiatul Rahman UIN Mahmud Yunus Batusangkar
Keywords: Anxiety, Math Anxiety, Type, Factor, Effort

Abstract

Mathematical packaging is an uncomfortable condition such as feeling worried, tense, and so on when facing math problems. This paper aims to describe math anxiety, types of anxiety, factors of math anxiety and efforts to overcome them. The method used in this research is the literature study method. The approach used is a literature study approach with sources derived from articles and papers. From the sources obtained, then the most relevant data is selected. Based on several research sources, it can be seen that anxiety has a negative impact on learning success. The factors that cause mathematics anxiety are factors from within and outside the student's self. Factors from within students such as personality factors (psychological or emotional) and intellectual factors (cognitive). Meanwhile, external factors such as environmental (social) factors. Thus the treatment that can be given is to convince themselves to be able to solve math problems, parents are expected not to stress their children to get good grades in mathematics, and teachers are expected to provide a gradual and clear understanding.

Kecemasan matematika adalah kondisi yang tidak nyaman seperti perasaan khawatir, tegang, dan sebagainya ketika menghadapi permasalahan matematikaTulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecemasan matematika, jenis-jenis kecemasan, faktor-faktor kecemasan matematika dan upaya mengatasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan studi literatur dengan sumber yang berasal dari artikel dan makalah. Dari sumber yang didapatkan, kemudian dipilih data yang paling relevan. Berdasarkan beberapa sumber penelitian, dapat diketahui bahwa kecemasan berdampak buruk terhadap keberhasilan belajar.Faktor yang menyebabkan terjadinya kecemasan matematika yaitu faktor dari dalam dan luar diri siswa. Faktor dari dalam diri siswa seperti faktor kepribadian (psikologis atau emosional) dan faktor intelektual (kognitif). Sedangkan faktor dari luar siswa seperti faktor lingkungan (sosial). Dengan demikian penanganan yang dapat diberikan adalah menyakinkan dirinya mampu menyelesaikan permasalahan matematika, orangtua diharapkan tidak menekankan anaknya untuk mendapatkan nilai yang bagus dalam pelajaran matematika, dan guru diharapkan memberikan pemahaman secara bertahap dan jelas.

References

Anditya, R., & Murtiyasa, B. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Kecemasan Matematika. SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, Dan Olimpiade Matematka), 1–10. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/7611/25.Makalah_Rifin.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Andrian, D. (2017). Mengelola Kecemasa Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26611

Budiman, H. (1982). Matematika terhadap kemandirian belajar siswa. 4, 1–11.

Fifari, M. R. Al, & Winarso, W. (2020). Kecemasan dan kebiasaan belajar matematika terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 47–60. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sjme/article/view/9457/5153

Jalal, N. M. (2020). Kecemasan siswa pada mata pelajaran matematika (student anxiety in mathematics subjects). J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 256–264. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.886

Kusumawati, R., & Nayazik, A. (2017). Kecemasan matematika siswa SMP. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 92–99.

Noor, F. (2017). Kecemasan dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 169–177. https://doi.org/10.33654/math.v3i3.69

Rawa, N., & Yasa, P. (2018). Kecemasan matematika pada mahasiswa. Journal of Education Technology, 2(2), 36–45. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/16180

Santri, F. S. (2017). Ada apa dengan kecemasan matematika? Journal of Medives, 1(1), 59–65. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematik

Saputra, P. R. (2014). Kecemasan matematika dan cara menguranginya (mathematic anxiety and how to reduce it). Jurnal Phytagoras, 3(2), 75–84.

Shafira, D. A., & Ambarwati, L. (2022). Literature Review: Faktor Kecemasan Matematika Siswa dan Upaya Mengatasinya. 4(1), 443–450.

Sugiatno, Dery, P., & Riyanti, S. (2015). Tingkat dan faktor kecemasan matematika pada siswa sekolah menengah pertama (online). Pendidikan Matematika, 4, 1–12.

Supriatna, A., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi kasus tingkat kecemasan matematis siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 730-735. Karawang: Universitas Singaperbangsa.

Utami, A. H., & Warmi, A. (2019). Analisis kesulitan belajar ditinjau dari rasa kecemasan matematika. Sesiomadika Journal, 617–622.

Wulandari, M. R., & Lestari, K. E. (2022). Analisis dampak kecemasan matematis siswa terhadap kemampuan sintesis matematika. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 74–83. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1222

Published
2023-03-31
Section
Articles