Efektivitas Model Pembelajaran Direct Instruction terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

  • Mawaddah Mawaddah STKIP Darud Da’wah wal Irsyad Pinrang
  • Jumrah Nur STKIP Darud Da'wah wal Irsyad Pinrang
  • Andi Kamal Ahmad STKIP Darud Da’wah wal Irsyad Pinrang
  • Indahwaty Indahwaty Institut Cokroaminoto Pinrang
Keywords: Direct Instruction, Learning Models, Mathematics’ Learning Outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajara matematika melalui model pembelajaran Direct Intruction di Madrasah Aliyah Negeri Pinrang. Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol melalui model pengajaran direct instruction. Model pengajaran Direct Instruction memberikan kesempatan siswa belajar dengan mengamati secara selektif, mengingat dan menirukan apa yang dimodelkan gurunya. Hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan pembelajaran Direct Instruction lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 77,774 sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol adalah 70,194. Oleh karena itu jelas adanya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

References

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad. (2010). Hakikat Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Anggriani, S. (2022). Pengaruh self confidence terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 28–34.

Ardi. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII2 Smp Negeri 1 Duampanua Melalui Pemberian Pertanyaan Terbuka Secara Berkelompok (Group Learning). Skripsi Parepare: Universitas Muhammadiyah Pare-Pare.

Buhaerah. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Masalah pada Materi Statistik kelas IX SMP. Thesis: UNM.

Burhanuddin. (2006). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penguatan Memori dan Daya Ingat. Skripsi. UMPAR

Cholik, M. (2002). Buku Matematika SMP Kelas IX Semester 2. Jakarta: Erlangga.

Dalyono, M. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional, Kiat pendidikan Matematika di Indosesia, Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan.

Hamzah. (2008). Model Pembelajaran. Gorontalo: Nurul Jannah

Hasbariah. (2009). Efektivitas Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Parerare. Skripsi Parepare: Universitas Muhammadiyah Pare-Pare.

Hadjar, I. (2007). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Iswara, E. & Sundayana, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dan Direct Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 223–234. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1258

Jumrah, J. (2017). Peningkatan pemahaman konsep geometri melalui metode demonstrasi siswa kelas V SDN 186 Lembang. Histogram, 1(1), 12–26

Jumrah, & Anggriani, S. (2022). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Metode Problem Solving. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 40–51. https://doi.org/10.58917/ijme.v1i1.1.

Mustira. (2008). Hakikat Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Pritandhari, M. (2017). Implementasi model pembelajaran direct instruction untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 5(1), 47–56.

Sanjaya. (2010). Keefektifan Model-Model Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2008). Model-Model Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Santoso, S. (2000). Buku Latihan SPSS Statistik Paramerik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Algesindo.

Suherman, E. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyitno, A. (2004). Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: UNNES.

Suyitno, A. (2006). Pemilihan Model-Model Pembelajaran Matematika dan Penerapannya di SMP. Semarang: FMIPA UNNES.

Syamsuddin (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Winata, H. (2016). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran direct instruction. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 49–60.

Published
2023-03-31
Section
Articles