Hubungan Model Discovery Learning dengan Strategi Konflik Kognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

  • Dedi Saputra Siagian Universitas Negeri Jakarta
  • Ellis Salsabila Universitas Negeri Jakarta
  • Etti Dwi Wiraningsih Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Discovery Learning, Cognitive Conflict Strategies, Mathematical Problem-Solving Skills

Abstract

Artikel dilatar belakangi oleh rasa keingintahuan peneliti mengenai penggunaan model discovery learning yang diintegrasikan strategi konflik kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Berdasarkan hasil observasi beberapa peneliti bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih tergolong rendah, salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut karena kurang efektifnya model dan strategi pembelajaran yang digunakan selama pembelajaran berlangsung di kelas. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara model discovery learning dengan strategi konflk kognitif serta merancang hubungan langkah-langkah pembelajaran yang mengintegrasikan model discovery learning dengan strategi konflik kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.  Melalui rancangan pembelajaran ini diharapkan dapat digunakan dalam pembelajaran matetamatika dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini mengacu pada jenis penelitian kualitatif, yang sumber informasinya adalah literatur, artikel, majalah dan website yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Pencarian literatur sebagai teknik pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan mencari dokumen yang relevan dengan topik penelitian.

References

Budianingsih, Y. (2016). Strategi konflik kognitif dalam pembelajaran matematika dan pengaruhnya terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa SMA. Penelitian Eksperimen Terhadap Siswa SMA, 2(1).

Elita, G. S. dkk. (2019). Pengaruh pembelajaran problem based learning dengan pendekatan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3).

Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.

Jana, P., Fahmawati, A.A.N. (2020). Model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1). ISSN 2089-8703

Julaeha J., Rosli R., & Hendrastuti R. R. A. (2022). Penerapan discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 82-96.

Marantika, A., Handayani, T., Putri, A.D. (2015). Pengaruh metode discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada pembelajaran matematika di smp pelita palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, 1(2), 161-183

Meika, I. & Sujana, A. (2015). Pengaruh pembelajaran konflik kognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 9-17.

Novalia, Y., Panjaitan, D.J., Nurdalilah. 2021. Analisis kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas belajar matematika pada pembelajaran berbasis masalah. Penelitian Kajian Literatur, 8(2).

Nurhasanah, D.E., Kania, N., Sunendar, A. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa SMP. Jurnal Didactical Mathematics, 1(1), 21-32

Nurlaela, L., Ismayati, E. (2015). Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Yogyakarta: Ombak

Ponamon, H. (2014). Pengaruh penerapan strategi konflik kogitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP. Penelitian Eksperimen.

Puspasari, R. (2017). Strategi konflik kognitif (cognitive conflicts) dalam mengatasi miskonsepsi siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(1).

Putra, R., Fauzan, A., Habibi, M. (2019). The impact of cognitive conflict based learning tools on students` mathematical problem-solving ability. International Journal of Educational Dynamics, 2(1).

Rahmalia, Y. (2014). Efektivitas model discovery learning untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas x pada kompetensi dasar analisis rangkaian kemagnetan di Smk 1 Pundong. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ratnawulan. (2001). Efektivitas pembelajaran model konstruktivisme berdasarkan strategi konflik kognitif dalam pelajaran fisikan di SMU. Penelitian Eksperimen

Rofiqoh, Z. (2015). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X dalam pembelajaran discovery learning berdasarkan gaya belajar siswa. Penelitian Kualitatif Terhadap Siswa SMA. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Santi, M. D. (2015). Profil konflik kognitif siswa berdasarkan gaya belajar pada materi lingkaran di SMP Negeri 3 Plosokaten. Skripsi tidak diterbitkan. Kediri: UNP Kediri

Utami, R.W., Wutsqa, D.U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Matematika, 4(2), 166-175

Wahyudi, A. I. (2017). Strategi pemecahan masalah matematika siswa. Salatiga: Satya Wacana University Press

Wardhani, S. dkk. (2010). Pembelajaran kemampuan pemecahan masalah matematika di SMP. Yogyakarta: PPPPTK Matematika

Yupita, A. I. (2013). Penerapan model pembelajaran discovery untuk meningkatkan hasil belajar IPS di Sekolah Dasar. Penelitian Tindakan Kelas JPGSD, 1(2).

Published
2023-03-31
Section
Articles