Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Trade a Problem Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika

  • Surya Universitas Sulawesi Barat
  • Sartika Arifin Universitas Sulawesi Barat
  • Ana Muliana M Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Model Pembelajaran Trade A Problem, Minat Belajar, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Abstract
This research aims to determine students' interest and learning outcomes in mathematics before and after using the trade a problem type cooperative learning model. This type of research is Pre-Experimental Design in the form of One Group Pretest-Posttest Design. The results showed that before being treated the average score of the pretest interest in learning was in the sufficient category while the pretest learning outcomes were in the very low category, and after being given treatment the average score of the posttest interest in learning was in the very high category while the posttest learning outcomes were in the high category. Students' interest and learning outcomes in mathematics after being taught using the trade a problem type cooperative learning model were higher than students' interest and mathematics learning outcomes before being taught using the trade a problem type cooperative learning model.

Keywords: trade a problem learning model, interest in learning, mathematics learning outcomes

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan hasil belajar matematika siswa sebelum dan setelah digunakan model pembelajaran kooperatif tipe trade a problem. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design berbentuk One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberi perlakuan nilai rata-rata dari pretest minat belajar berada pada kategori cukup sedangkan pretest hasil belajar berada pada kategori sangat rendah, dan setelah diberi perlakuan nilai rata-rata posttest minat belajar berada pada kategori sangat tinggi sedangkan posttest hasil belajar berada pada kategori tinggi. Minat dan hasil belajar matematika siswa setelah diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe trade a problem lebih tinggi dibandingkan minat dan hasil belajar matematika siswa sebelum diajar menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe trade a problem.
Kata Kunci: model pembelajaran trade a problem, minat belajar, hasil belajar matematika

References

Ahkmad, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa.
Akbar, M. R., Nuriman, & Agustiningsih. (2013). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Energi Panas dan Bunyi Melalui Penerapan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV B MI Muhammadiyah Sidoerjo Tahun Pelajaran 2013/2014. ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA, 1(1), 1–5.
Ariyanto, Y. A., & Rahman, A. (2016). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Koperatif Tipe Trade A Problem. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Jember, 1(2), 105–121.
Gunawan, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Trade a Problem Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Mujiati, S. (2010). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pokok Limit Fungsi Di Kelas XI Ipa SMA Walisongo Semarang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Trade a Problem. Oleh: Siti Mujiati Nim: 063511022 Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.
Mustakim. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Majene. Sulawesi Barat.
Ramadayanti, A. U. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Minat dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 66 Kota Bengkulu.
Sartinah. (2019). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Trade a Problem Materi Limit Fungsi.
Suciyati, & Mariamah. (2018). Hubungan antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri 04 Sila. Jurnal Pendidikan MIPA, 8(2), 142–149. http://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/index
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (P. D. Sugiyono (ed.); 24th ed.). ALFABETA. www.cvalfabeta.com
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Guru Profesional : pedoman kinerja, kualifikasi & Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Published
2023-11-29