Pentingnya kemampuan literasi matematika dalam pembelajaran matematika

  • Miftahul Jannah UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Miftahul Hayati UIN Mahmud Yunus Batusangkar
Keywords: literasi; literasi matematika; jenis; pentingnya literasi matematika;

Abstract

Untuk menyelesaikan suatu masalah dalam matematika diperlukan literasi matematika. Literasi matematika merupakan kapasitas untuk memformulasikan, menafsirkan dan menjabarkan matematika Untuk menyelesaikan suatu masalah dalam matematika diperlukan literasi matematika. dalam berbagi konteks. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya litersi matematika baik itu dari siswa SD, SMP, bahkan SMA, peran guru, dan jenis literasi. Metode penelitian yang digunakan Matematika adalah alat yang dapat membantu siswa dalam menghadapi masalah dan tantangan dalam aspek kehidupan pribadi, masyarakat, dan pekerjaan. Metode penelitian yang di gunakaan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka. Pendekatan yang digunakan yaitu studi literatur yang diambil dari beberapa jurnal. Dari Untuk menyelesaikan suatu masalah dalam matematika diperlukan literasi matematika.

Literasi matematika merupakan kapasitas untuk memformulasikan, menafsirkan dan menjabarkan matematika Untuk menyelesaikan suatu masalah dalam matematika diperlukan literasi matematika. dalam berbagi konteks. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya litersi matematika baik itu dari siswa SD, SMP, bahkan SMA, peran guru, dan jenis literasi. Metode penelitian yang digunakaMatematika adalah alat yang dapat membantu siswa dalam menghadapi masalah dan tantangan dalam aspek kehidupan pribadi, masyarakat, dan pekerjaan. Metode penelitian yang di gunakaan dalam penelitian ini adalah metode studi sumber yang didapatkan, kemudian dipilih dari data yang relevan. Dalam beberapa jurnal mengatakan bahwa terkait literasi matematika, sains, dan membaca siswa usia 15 tahun dalam Programme for International Student Assessment (PISA) 2015 menempatkan Indonesia di posisi 63 dari 70 negara pada bidang literasi matematika. Jadi didalam artikel ini menjelaskan bahwa studi literasi matematika berkaitan dengan keakrasan dalam pembelajaran matematika di tingkat SD, SMP, SMA dan Perguruan tinggi.

References

Arahmah, F., Banindra Yudha, C., & Ulfa, D. M. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi pada Matematika Melalui Metode Student Facilitator and Explaining. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III SEMNARA 2021, 2015, 209–218.

Ashari, M. L. (2015). ANALISIS TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BAN Arahmah GUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA KELAS VIII A-1 MTs NEGERI MUNJUNGAN. 13–38.

Fajriah, N., & Asiskawati, E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 157–165. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.643

Fasilia, Y. (2020). KEMAMPUAN LITERASIMATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK SISWADI MTs MA’ARIF NU KOTA BLITAR. 17–37. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/16394/5/Bab II.pdf

Hartati, P. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Sma Melalui Pembelajaran Guided Inquiry. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 269–274. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.269-274

Hera, R., & Sari, N. (2015). SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY 2015 713 Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? 713–720.

Jarmita, N. (2015). Kesulitan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas Awal Sekolah Dasar. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 4(2), 1–16. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/176/157

Khotimah, H., Balikpapan, U., Studi, P., & Matematika, P. (2021). Pendahuluan Matematika merupakan bidang keilmuan yang dipelajari secara mendunia di pendidikan formal . Secara umum matematika merupakan bidang yang berisi angka dan proses menghitung tetapi masih banyak proses lain seperti berpikir logis dan kritis dalam. 1.

Kurniawan, H. S., & Khotimah, R. P. (2022). Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skill. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1966. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5563

Kurniawan, R., & Djidu, H. (2021). Kemampuan Literasi Matematis Siswa :Sebuah Studi Literatur. Jurnal Edumatic : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(01), 24–30. https://doi.org/10.21137/edumatic.v2i01.468

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595.

Maulana, A. S. (2013). Penerapan Strategi React Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Universitas Pendidikan Indonesia. Repository.Upi.Edu, 1. http://repository.upi.edu/9693/9/s_fis_0800421_chapter1.pdf

Naufal, H., & Amalia, S. R. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Di Era Merdeka Belajar Melalui Model Blended Learning. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 1, 333–340.

Nurkamilah, M., M Fahmi, N., & Aep, S. (2018). Mengembangkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 2(2), 70–79. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view

Ratnasari, & Isti, G. (2015). Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Model Brain Based Learning Dalam Pendekatan Saintifik Ditinjau Dari Kemampuan Metakognisi Dan Sikap Bertanggung Jawab Siswa Sma N 1 Kasihan Bantul. 2, 1–23.

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 3(2019), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.

Susanti, E., & Syam, S. S. (2017). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Indonesia. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, November 2017, 1–6. https://www.researchgate.net/publication/328813314_Peran_Guru_dalam_Meningkatkan_Kemampuan_Literasi_Matematika_Siswa_Indonesia

Ulya, S. F., & Wordono. (2019). Upaya Pengembangan untuk Capaian Literasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 589–596.

Wulandari, D. P. (2016). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SD Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Problem Posing. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(2), 131. https://doi.org/10.17509/eh.v7i2.2704

Published
2024-03-30
Section
Articles