Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Prosedur Newman

  • Arin Modok FKIP Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Ch Krisnandari Ekowati Universitas Nusa Cendana
  • Irna Karlina Sensiana Blegur Universitas Nusa Cendana
Keywords: Student Error, Newman Procedure, Three-Variable Linear Equation System

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan dan faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan prosedur Newman pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Takari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan yaitu metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Negeri 1 Takari. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Ipa 1 yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari soal tes dan pedoman wawancara. sedangkan teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis-jenis kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa terjadi pada tahap memahami masalah, tahap transformasi masalah, tahap keterampilan proses, dan tahap penulisan jawaban akhir. Faktor penyebab kesalahan siswa a) tidak terbiasa menuliskan informasi yang dilakukan ke lembar jawaban karena merasa tidak perlu, b) subjek tidak dapat membuat model matematika, c) tidak mampu melakukan operasi hitung dengan prosedur yang benar dalam mengerjakan soal, d) tidak mampu melakukan operasi hitung dengan prosedur yang benar, e) mengabaikan penulisan tahap akhir karena subjek merasa tidak perlu.

References

Astuti, S. W., Setyawati, A., & Ayuwanti3, I. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Teori Newman. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 77–82.
Bernando, S., Novaliyosi, N., & Rafianti, I. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman Pada Soal Kemampuan Berpikir Kritis Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 84. https://doi.org/10.56704/jirpm.v3i2.13384
Debi, S., Kadir, K., Masi, L., & Salim, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Amal Pendidikan, 2(2), 130. https://doi.org/10.36709/japend.v2i2.19563
Djakadana, S. R. J., Ekowati, C. K., & Wangge, M. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Santifik Menggunakan Model 4-D pada Materi Koordinat Kartesius Untuk Siswa Kelas VIII SMPN 18 Kota Kupang. Haumeni Journal of Education, 2(2), 35–46. https://doi.org/10.35508/haumeni.v2i2.9632
Fallo, S. K., & Amsikan, S. (2021). Prosedur Newman : Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun ruang Prisma. 6(3), 89–99.
Fauzi, A., & Diansyah, S. N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman pada Materi Pecahan. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 6(1), 11–18. https://doi.org/10.58258/jupe.v6i1.2140
Karlina, I., & Blegur, S. (2022). Pendapat Mahasiswa Pendidikan Matematika Tentang Pembelajaran Online Dengan Menggunakan Pen Tablet Dan Aplikasi OneNote ? 2(1), 176–186.
Putri, A. I., & Nur, I. R. D. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dengan Metode Newman Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 505. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.10292
Published
2024-06-30
Section
Articles