Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMPN 8 Mataram pada Materi Teorema Pythagoras
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMPN 8 Mataram pada materi Teorema Pythagoras. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kreatif matematis yang terdiri dari 2 soal uraian dan pedoman wawancara. Indikator berpikir kreatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah fluency (kefasihan), flexibility (fleksibilitas), dan novelty (kebaruan). Teknik penarikan sampel menggunakan cluster random sampling (sampel acak kelompok) berdasarkan kelas dalam populasi dan diperolah kelas VIII-C SMPN 8 Mataram, dengan jumlah 36 orang siswa. Seluruh siswa VIII-C diberikan soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis, dari hasil tes dilakukan analisis dan wawancara kepada 5 siswa, masing-masing mewakili 1 ketegori, yang dipilih dengan cara simple random sampling (sampel acak sederhana). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase siswa dengan tingkat berpikir sangat kreatif (tingkat 4) adalah 8,3%, siswa dengan tingkat berpikir kreatif (tingkat 3) adalah 27,8%, siswa dengan tingkat berpikir cukup kreatif (tingkat 2) adalah 11,1%, siswa dengan tingkat berpikir kurang kreatif (tingkat 1) adalah 44,4%, dan terakhir siswa dengan tingkat berpikir tidak kreatif (tingkat 0) adalah 8,3%.
References
Anggoro, M. T. (2007). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 225.
Baidowi, B., Amrullah, A., & Hikmah, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 13 Mataram Tahun Ajaran 2017/2018 Melalui Lesson Study. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 1(1), 1–12.
Bungin, B. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ermayani, Y., Prayino, S., Hikmah, N., & Sripatmi, S. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1239–1244.
Fajriah, N., & Asiskawati, E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 157–165.
Handoko, H. (2017). Pembelajaran Matematika Model Savi Berbasis Discovery Strategy Materi Dimensi Tiga Kelas X. Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 85–95.
Hendryadi, H. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178.
Novitasari, D. (2017). Analisis Kreativitas Siswa Dalam Pemecahan Masalah Visual Spasial Dan Logis Matematis Ditinjau Dari Gender. Media Pendidikan Matematika, 5(2), 75.
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Prayitno, S. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Mataram: Duta Pustaka Ilmu.
Rahmawati, Y. (2016). Efektivitas Pendekatan Open-Ended dan CTL Ditinjau dari Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 13–24.
Riyanto, S., & Andhita, A. H. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Deepublish.
Saifuddin, A. (2020). Penyusunan Skala Psikologi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Siswono, T. Y. E. (2007). Konstruksi Teoritik tentang Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika. Jurnal Pendidikan, Forum Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 2(4), 1–10.
Wahusna, Z., Sripatmi, Junaidi, & Kurniati, N. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Teorema Pythagoras Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Taliwang Tahun Pelajaran 2021/2022. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 1002–1021.
Zanthy, L. S. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau Dari Latar Belakang Pilihan Jurusan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Di Stkip Siliwangi Bandung. Teorema, 1(1), 47.