Systematic Literature Review: Faktor Internal yang Memengaruhi Literasi Matematika Siswa di Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor internal yang memengaruhi literasi matematika siswa di Indonesia melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Literasi matematika menjadi kompetensi penting dalam menghadapi tantangan abad ke-21, namun berbagai hasil studi menunjukkan bahwa capaian siswa Indonesia dalam literasi matematika masih tergolong rendah, sebagaimana tercermin dalam hasil asesmen nasional dan studi internasional seperti PISA. Dalam kajian ini, peneliti menelaah 20 artikel ilmiah yang diterbitkan antara tahun 2020 hingga 2025, yang diperoleh melalui pencarian sistematis pada basis data Google Scholar. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor internal yang dominan meliputi motivasi belajar, self-efficacy, minat terhadap matematika, gaya belajar, serta kemampuan metakognitif. Faktor-faktor tersebut berkontribusi secara signifikan terhadap pencapaian literasi matematika siswa. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pendidik dan pemangku kebijakan untuk merancang strategi pembelajaran yang responsif terhadap kondisi internal siswa guna meningkatkan literasi matematika secara lebih optimal.
References
Agustiani, S., Agustiani, N., & Nurcahyono, N. A. (2021). Analisis Berpikir Literasi Matematika Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMP. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 67-78.
Amelia, I., Pujiastuti, H., Fathurrohman, M., Santosa, C. A. H. F., & Fatah, A. (2023). Systematic Literatur Review: Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 811-818.
Auliya, N. M., Suyitno, A., & Asikin, M. (2021). Kemampuan literasi matematis ditinjau dari kemandirian belajar di MTS Darul Hikmah Kedung Jepar. Jurnal Kajian dan Pembelajaran Matematika, 5(2), 11-17.
Baharuddin, M. R., Jumarniati, J., & Wahyuni, S. (2022). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis Pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 82-95.
CA, D. S. F., Edy, S., & Suryanti, S. (2024). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Literasi Matematis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 909-917.
Damanik, A. S., & Handayani, R. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 149-157.
Fatchurrohman, M., Mulyono, M., & Rosyida, I. (2022). Peran motivasi belajar terhadap literasi matematika pada peserta didik kelas VII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(2), 342-354.
Febriatama, R. (2023). Systematic literature review (SLR): Langkah-langkah. Kementerian Keuangan Republik Indonesia.
Fitriani, S., Nurhanurawati, N., & Coesamin, M. (2021). Pengaruh Kemampuan Awal Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(1), 31-41.
Hasanah, Z. N., Usodo, B., & Saputro, D. R. S. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMA Pada Konteks Pendidikan dan Pekerjaan Ditinjau dari Kemampuan Awal. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2395-2405.
Hidayati, A., Hidayah, S., & Adelia, A. (2025). Peningkatan Literasi Matematika Siswa SMA Nurul Jadid melalui Program Bimbingan Belajar Interaktif. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 4(1), 78-86.
Junaedi, Y., & Yulianto, D. (2023, December). Profil Kemampuan Awal Literasi Matematis melalui Pretest Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) Program Kampus Mengajar Angkatan 5. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 3, pp. 369-374).
Khairizka, W. I., Wandini, R. R., & Nanda, V. D. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Karakter Belajar Aljabar Di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 10227-10233.
Marasabessy, R. (2020). Kajian kemampuan self efficacy matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 168-183.
Pandini, R. M., & Nirwati, R. (2025). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Materi Geometri Bangun Datar kelas IV SD Negeri 26 Singkawang. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 10(1), 53-58.
Patih, T., Tarty, I. P., Halistin, H., & Sangila, M. S. (2025). Faktor Psikologis dalam Pembelajaran Matematika: Analisis Minat, Motivasi, dan Kemandirian Belajar Siswa. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 18(1), 39-55.
Rodhi, R. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Minat Siswa pada Materi Tranformasi. Jurnal Profesi Keguruan, 7(2), 167-177.
Shinta, O., Zaenuri, Z., Walid, W., Agoestanto, A., Sugiman, S., & Hendikawati, P. (2025, March). KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA dan SELF-REGULATED LEARNING SISWA Pada MODEL PROBLEM BASED LEARNING. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 283-292).
Telaumbanua, W. D., Mendrofa, N. K., Lase, S., & Mendrofa, R. N. (2024). Hubungan Penguasaan Literasi Matematika dengan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 1176-1185.