Implementasi Media Pembelajaran Audiovisual Melalui Aplikasi Canva Pada Materi Bangun Ruang Pada Jenjang SMP

  • Sevi Nur Ekasari Universitas Muhammadiyah Jember
  • Rohmad Wahid Rhomdani Universitas Muhammadiyah Jember
  • Lady Agustina Universitas Muhammadiyah Jember
Keywords: Media Pembelajaran, Audiovisual, Canva, Bangun Ruang

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memberikan motivasi dan meningkatkan pemahaman pembelajaran dengan penggunaan media ajar audiovisual yang dirancang melalui aplikasi Canva untuk materi bangun ruang. Peneliti ini mengimplementasikan media ajar audiovisual melalui Canva pada kelas VII diharapkan para siswa mendapatkan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Metodologi yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek kelas VII SMPN 1 Tegalsari sebanyak 32 siswa. Pengambilan data dilakukan melalui berbagai metode dengan angket, tes pemahaman konsep meliputi pretest dan posttest , wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan minat tinggi dalam pembelajaran dengan bantuan media audiovisual melalui aplikasi Canva. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil angket respon siswa serta hasil tes belajar siswa melalui pretest dan posttest. Angket siswa menunjukkan hasil dalam kategori tinggi dapat dikatakan siswa dapat meningkatkan motivasi, hasil belajar siswa juga terlihat adanya peningkatan melalui pretest dan posttest . Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dan pemahaman siswa melalui penerapan media pembelajaran interaktif berbentuk audiovisual melalui aplikasi Canva.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Audiovisual, Canva, Bangun Ruang.

 

 

References

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Khasanudin, M., Cholid, N., & Putri, L. I. (2020). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Animation Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Untuk Kelas V Sd/Mi. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(5), 259-267.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.

Trihandayani, Y. E., Qadry, I. K., & Karim, F. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Media Dan Bahan Ajar Google Site Kelas IV Sd Negeri Bontokamase. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 225-233.

Widayanti, L., Kala’lembang, A., Rahayu, W. A., Riska, S. Y., & Sapoetra, Y. A. (2021). Edukasi Pembuatan Desain Grafis Menarik Menggunakan Aplikasi Canva. Jurnal pengabdian masyarakat, 2(2), 91-102.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79-85.

Rohma, A., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Materi Bangun Ruang Limas. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3), 292-306.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.

Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif Dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48-60.

Jannah, F. N. M., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva Dalam Media Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 138-146.

Leli Nurhayati Awaliah. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Prosiding Galuh Mathematics National Conference (Gamma Nc). 175-182.

Hudayanti, D. V. F. T. (2022). Pemanfaatan Canva Sebagai Modul Digital Interaktif Matematika Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Jarak Jauh. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(7), 853-859.

Khofifah, F. R., Agustina, L., & Rahayu, A. S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan TaRL pada Siswa Kelas XI Teknik 2. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 12(2), 111-119.
Published
2025-06-03
Section
Articles