Analisis Literatur: Problematika Operasi Hitung Pecahan Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama

  • Erlin Listyani Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Tri Yuliani Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Kusno Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Keywords: Kesulitan Belajar, Operasi Hitung Pecahan, Pemahaman Konsep, Problematika Siswa

Abstract

Problematik mengacu pada kumpulan masalah kompleks yang membutuhkan pemahaman komprehensif untuk diselesaikan, terutama dalam konteks pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji permasalahan yang dihadapi siswa SMP dalam memecahkan operasi pecahan melalui analisis literatur terhadap sepuluh artikel nasional yang relevan. Tinjauan literatur digunakan sebagai metode utama, dengan fokus pada identifikasi jenis kesalahan siswa dan penyebab yang mendasarinya dalam pembelajaran pecahan. Analisis mengungkapkan sepuluh jenis masalah, termasuk kesulitan dalam memahami simbol, konsep, dan strategi solusi, serta masalah non-kognitif. Masalah paling dominan yang diidentifikasi adalah pemahaman konseptual dan kesalahpahaman konseptual. Penyebabnya berasal dari faktor terkait siswa, praktik guru, lingkungan belajar, dan sistem pendidikan yang lebih luas. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada pendidik untuk merancang strategi instruksional yang lebih tepat sasaran dan efektif untuk mengatasi kesulitan siswa dalam operasi fraksional.

References

Aji Nugroho, R. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Pemecahan Masalah Polya. Electronic Thesis and Dissertations Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–11.
Aminah, A., & Kurniawati, K. R. A. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika topik pecahan ditinjau dari gender. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 2(2), 118–122.
Berliana, D. P., & Sholihah, U. (2022). Kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah open-ended ditinjau dari self-efficacy. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 243–254.
Dewi, N. K., Untu, Z., & Dimpudus, A. (2020). Analisis kesulitan menyelesaikan soal matematika materi operasi hitung bilangan pecahan siswa kelas VII. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 61–70.
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa: ditinjau dari kategori kecemasan matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24–32.
Dwita, A., & Sugiman, S. (2021). Analisis Kesalahan-Kesalahan Siswa dalam Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Pecahan berdasarkan Analisis Newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 758–765.
Fatimah, E. S., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan koneksi matematis berdasarkan disposisi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 69–82.
Fikri, I. A., Khamdun, K., & Ulya, H. (2022). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Matematis. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 139–143.
Firdausi, I. (2022). Game Edukasi Android Deck Card untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Siswa Materi Pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 447–458.
Gusmira, G., & Nasution, H. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(1), 34. https://doi.org/10.54314/jmn.v5i1.198
Kurniawan, E., Jamiah, Y., & Sayu, S. (2016). Analisis kesalahan siswa menyelesaikan soal pada Materi Bilangan Pecahan di Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(3).
Murniasih, T. R., Sadijah, C., Muksar, M., Susiswo, S., & Suwanti, V. (2020). Kesalahan representasi pecahan pada garis bilangan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 316–325.
Murtiyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis kesalahan siswa materi bilangan pecahan berdasarkan teori Newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713–726.
Nugroho, R. A., & Sutarni, S. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan ditinjau dari pemecahan masalah Polya. Electronic Thesis and Dissertations Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–2.
Nuria, R. S. (2022). Global Learning terhadap Pemahaman Matematika Kelas VIII Materi Teorema Pythagoras. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 429–438.
Ramlah, R., Bennu, S., & Paloloang, B. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Di Kelas Vii Smpn Model Terpadu Madani. JIPMat, 1(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1245
Santi, L. M., & Sudihartinih, E. (2019). Analisis kesalahan siswa sekolah menengah pertama pada materi pecahan. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 04(02), 1–5.
Saparwadi, L., Purnawati, B., & Baiq, P. E. (2017). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi penjumlahan pada bilangan pecahan dan reversibilitas. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 3(2), 60–66.
Sengkey, D. J., Sampoerno, P. D., & Aziz, T. A. (2023). Kemampuan pemahaman konsep matematis: sebuah kajian literatur. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 67–75.
Sutiarso, S. (2019). MENGAPA SULIT MENYELESAIKAN SOAL PECAHAN 2/a+ 3/b= 2/3? AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 420–428.
Wahyuningsih, S., & Istiandaru, A. (2021). Kesulitan Belajar Materi Pecahan Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Gamping. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 99–106.
Yulianingsih, A., & Dwinata, A. (2018). Analisis kesalahan konsep pecahan pada siswa kelas VII A SMP Negeri 13 Satu Atap Tanjungpinang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 199–206.
Published
2025-06-06
Section
Articles