Systematic Literature Review: Analisis Kemampuan Representasi Matematika Siswa Pada Materi Program Linear
Abstract
Kemampuan representasi matematika memegang peranan krusial dalam pemahaman konsep dan pemecahan masalah program linear. Sayangnya, beragam penelitian mengungkap beragam hasil terkait kemampuan representasi matematis siswa pada Program Linear. Systematic Literature Review (SLR) terhadap 11 artikel terbitan 2021-2025, berfokus pada siswa kelas XI, menyoroti dominasi representasi simbolik yang lebih dikuasai, sementara representasi visual dan verbal masih menjadi kendala. Faktor-faktor seperti gaya belajar, minat, dan pola pikir siswa terbukti signifikan memengaruhi kemampuan representasi ini. Lebih lanjut, model pembelajaran inovatif seperti Connected Mathematics Project (CMP) menunjukkan keunggulan dibandingkan metode konvensional. Temuan ini menggarisbawahi urgensi penerapan strategi pembelajaran yang kontekstual, interaktif, dan adaptif terhadap karakteristik siswa demi meningkatkan kemampuan matematis siswa pada materi program linear.
References
Anita, M., Siregar, N. A. R., & Astuti, P. (2024). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Pada Materi Program Linear Ditinjau Dari Karakteristik Berpikir Menurut Gregorc. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 7(1), 46–57. http://dx.doi.org/10.29300/equation.v7i1.4789
Aulidan, R. A., Harisuddin, M. I., & Anih, E. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. JouME: Journal Of Mathematics Education, 1(1). https://ejournal.universitasmandiri.ac.id/index.php/joume/article/view/67/31
Erliani. (2022). Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Matematisasi Materi Program Linear. Journal Of Mathematics Learning Innovation (JMLI), 1(2), 111–124. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v1i2.3491
Hilsania, S. A., & Masrukan, M. (2023). Mathematical Representation Ability of Students on Linear Program Material in Terms of Learning Interests in Problem Based Learning. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 7(2), 190. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v7i2.2553
Ikashaum, F., Mustika, J., Wulantina, E., & Cahyo, E. D. (2021). Analisis Kesalahan Representasi Simbolik Mahasiswa Pada Soal Geometri Analitik Bidang. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 9(1), 57–68. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v9i1.1701
Islamiah, N. A., Andhini, L. D., & Listyani, N. H. (2022). Representasi Siswa SMK dalam Memecahkan Masalah Program Linier ditinjau dari Gaya Belajar. Postulat: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 111–121. http://dx.doi.org/10.30587/postulat.v3i2.4860
Komala, E., & Afrida, A. M. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK Ditinjau dari Gaya Belajar. Journal of Instructional Mathematics, 1(2), 53–59. https://doi.org/10.37640/jim.v1i2.364
Kusumaningrum, R. S., & Nuriadin, I. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbantu Media Konkret terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 6613–6619. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3322
Larasati, D. A., Nugroho, A. A., & Setyawati, R. D. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linier. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(4), 10–17. https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i1.8473
Mataheru, E. E., Ratumanan, T. G., & Ayal, C. S. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Pada Materi Program Linear. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(2), 55–67. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss2pp55-67
Muharani, A., Kurniadi, E., & Araiku, J. (2025). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Pemodelan Matematika pada Materi Aplikasi Program Linear. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 09(01), 61–73. https://doi.org/10.35706/sjme.v9i1.186
Nangim, N., & Hidayati, K. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Saat Pembelajaran Dalam Jaringan di Masa Pandemi Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1034–1042. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3593
Rachmawati, S., Kusmaryono, I., & Wijayanti, D. (2021). Profil Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Program Linier Ditinjau dari Kecemasan Matematika. JP-SA: Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 1, 26–36. http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v1i1.13665
Rosanti, Hartoyo, A., & Rifat, M. (2020). Hubungan Kemampuan Representasi dan Disposisi Matematis Materi Fungsi Siswa MTS Al-Jihad. JPPK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(12), 1–8. https://doi.org/10.26418/jppk.v9i12.43884
Setiadarma, A., Abdullah, A. Z., Sadjijo, P., & Firmansyah, D. (2024). Tinjauan Literatur Transformasi Sosial dalam Era Virtual. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 232–244. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2930
Sukmawati, A., Hayati, L., & Hikmah, N. (2023). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Pada Materi Program Linear Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(Special Issue,), 210–219. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3980
Sumiarelati, S., Sundayana, R., & Maryati, I. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK Pada Materi Program Linear. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 80–90. https://doi.org/10.33654/math.v8i1.1996
Syafitri, N., Ellianti, & Annisa, D. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Lingkaran di MTsN 2 Aceh Besar. Jurnal Peluang, 10(2), 2685–1539. https://doi.org/10.24815/jp.v10i2.28175
Tan, Y., Tarekhov, D., & Delong, A. (2020). Learning Linear Programs from Optimal Decisions. NeurIPS Proceedings. https://proceedings.neurips.cc/paper/2020/hash/e44e875c12109e4fa3716c05008048b2-Abstract.html
Wisilayasa, I. G. D., Idris, M., & Hadjar, I. (2022). Analisis Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Program Linear di SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu. JEPMT: Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 9(3), 309–321. https://jurnalfkipuntad.com/index.php/jpmt/article/view/2051
Yuwono, T., Darmawan, A., & Suwanti, V. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Program Linier. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 247. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.3713